Abstract:
Setiap muslim tentu ingin melaksanakan ibadah haji sebagai penyempurna
ibadah. Namun dengan banyaknya antusias umat Islam yang ingin pergi haji,
maka diberlakukanlah daftar tunggu haji yang membutuhkan waktu yang lama.
Dengan diterapkannya daftar tunggu haji, ibadah umroh dijadikan sebagai
alternatif sehingga banyak diminati. Tingginya minat umroh, memicu persaingan
antar travel umroh atau biro Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU).
Maka dari itu, pihak travel harus menyusun strategi pemasaran yang
menitikberatkan pada keputusan konsumen dalam memilih travel umroh. Penulis
akan meneliti bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen
dalam memilih suatu travel umroh dan bagaimana analisis urutan prioritas faktor
keputusan konsumen terhadap pemilihan travel umroh menggunakan metode
AHP. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data ini diperoleh
langsung dari responden dan data pustaka. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data,
penulis menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Berdasarkan
data yang diperoleh, bahwa faktor yang memengaruhi keputusan konsumen
terhadap pemilihan travel umroh adalah faktor budaya, faktor sosial dan faktor
pribadi. Lalu, hasil pengolahan data yang dilakukan menggunakan software expert
choice diperoleh urutan prioritas faktor keputusan konsumen terhadap pemilihan
travel umroh yang utama ialah faktor pribadi dengan bobot 0,368 kemudian faktor
sosial dengan bobot 0,358 dan faktor budaya dengan bobot 0,274.