Abstract:
Fenomena transaksi jual beli online melalui program yang menaruh harga lebih
rendah membuat ketertarikan untuk membeli barang tersebut, harga murah diluar
harga normal membuat masyarakat tertarik untuk mengikuti program dari
Bukalapak Serbu Seru. Adanya ketidakseimbangan antara apa yang dikeluarkan
dengan apa yang diterima, masyarakat cukup membayar 1 Rupiah sudah
berkesempatan mendapatkan mobil, motor, handphone dan jenis barang lainnya,
bahkan terdapat penyerbu yang sudah memenangkan barang yang dipilihnya
namun tidak menerima barang tersebut. Maka perlu dilakukan penelitian untuk
membahas analisis prinsip muamalah terhadap transaksi ini. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui prinsip muamalah terhadap model transaksi jual beli
online pada media elektronik, model transaksi jual beli online pada aplikasi
Bukalapak Serbu Seru, dan analisis prinsip muamalah terhadap model transaksi
pada aplikasi Bukalapak Serbu Seru. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan
pendekatan deskriptif analitis. Jenis penelitian adalah lapangan (field research)
dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil
penelitian ini bahwa: Pertama, prinsip muamalah terhadap model transaksi jual
beli online pada media elektronik sudah memenuhi sembilan prinsip muamalah.
Kedua, Transaksi pada aplikasi Bukalapak Serbu Seru terdapat harga yang tidak
seimbang, penyerahan barang yang ditidak sesuai ketentuan, dan terdapat biayabiaya
lain yang nilainya lebih besar dari harga yang dipromosikan. Ketiga
analisis prinsip muamalah terhadap model transaksi jual beli online pada aplikasi
Bukalapak Serbu Seru yang sudah memenuhi prinsip muamalah yaitu: prinsip
mubah, halal, maslahah, manfaat, kerelaan, dan tertulis. Namun yang tidak
memenuhi prinsip muamalah yaitu: prinsip keseimbangan, amanah dan keadilan.