Abstract:
Online shop adalah salah satu jenis bisnis yang akhir-akhir ini sedang
marak dan banyak diminati oleh sebagian orang karena pertumbuhannya yang
pesat serta mudah digunakan sebagai media promosi dan pemasaran.Internet
marketing merupakan sarana yang saat ini marak diperbincangkan dan digunakan
di seluruh daerah pada zaman perkembangan komunikasi pemasaran saat ini.
Perkembangan internet pun semakin menunjukkan peningkatan penggunanya di
seluruh dunia.
Penulis menggunakan metode studi kasus dengan melakukan wawancara
pihak yang bersangkutan yaitu pihak yang menggunakan Instagram sebagai media
pemasaran yaitu online shop Glintzroom dan Dheyshushoes. Tujuan dari
penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh online
shop, faktor yang melatarbelakangi online shop, dan 2) feedback terhadap
kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh online shop di Instagram.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan online shop
di Bandung dalam melakukan pemasaran melalui Instagram adalah strategi
pemasaran membaca segmen dan target audience. Faktor yang melatarbelakangi
online shop Glintzroom dan Dheyshushoes dalam menggunakan media pemasaran
Instagram memuat dasar values dan view sebagai dasar-dasar pertimbangan.
Values di sini adalah nilai-nilai yang ditawarkan oleh jejaring instagram kepada
online shop Glintzroom dan Dheyshushoes. Sejauh mana penawaran tersebut
menarik online shop Glintzroom dan Dheyshushoes untuk menjadikan instagram
sebagai sarana pemasaran. Perlakuan seperti pelayan pelanggan menjadi kunci
keberhasilan pemasaran