dc.contributor.author |
Latifah, Ayu |
|
dc.date.accessioned |
2023-01-24T04:56:05Z |
|
dc.date.available |
2023-01-24T04:56:05Z |
|
dc.date.issued |
2019 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/30768 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa fenomena yang terjadi dizaman
sekarang maraknya kemusryikan dikalangan masyarakat yang mengaku dirinya
sebagai muslim untuk itu diperlukanlah penanaman aqidah yang benar-benar harus
ditanamkan di dalam jiwa bukan hanya sekedar mengakui dirinya sebagai umat Islam
tetapi harus diaplikasikan dalam akhlak dan ibadah sehari-harinya. Pernyataan ini
mendorong kepada perlunya menganalisis Qs. An-Naml ayat 60-64. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pendapat para mufasir tentang isi Qs. An-
Naml ayat 60-64, 2) Esensi yang terkandung di dalam Qs. An-Naml ayat 60-64, 3)
Pendapat para ahli pendidikan tentang metode penguangan dalam pembelajaran
aqidah, 4) Implikasi pendidikan tentang metode pengulangan dalam pembelajaran
aqidah. Dengan demikian dalam penelitian ini diharapkan dapat mengetahui metode
yang akan diterapkan dalam pembelajaran aqidah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan
dalam penelitian tafsirnya adalah metode tafsir Tahlili dan studi kepustakaan.
Penelitian ini menjelaskan tentang aqidah merupakan iman atau kepercayaan yang
menjadi syarat mutlak yang melandasi penghambaan diri serta mengikatkan diri
sepenuhnya kepada Allah Swt .untuk itu diperlukanlah sebuah cara atau metode yang
tepat untuk menanamkan pendidikan aqidah tersebut Kesimpulan yang terdapat
dalam Qs. An-Naml ayat 60-64 yaitu tentang keimanan kepada Allah Swt yang
sangat penting dan merupakan pokok penting dalam kehidupan manusia. Karena
dalam keimanan kepada Allah yang benar dan kuat dapat tegaknya syariah dan akhlak
yang mulia serta terhindarnya dari perbuatan syirik dan kekufuran maka hal ini
memerlukan penanaman pendidikan aqidah kepada anak dengan metode yang tepat
efektif dan efesien yaitu metode pengulangan yang dipadukan dengan cara berpikir
dan memperhatikan segala ciptaan Allah Swt. Aqidah melahirkan iman dan iman
yang tertanam kuat dalam diri seseorang tidak akan mudah goyah jika diterpa oleh
beberapa hal-hal yang menyimpang dari ajaran Allah Swt dia akan tetap kokoh dan
kuat.Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penanaman aqidah itu akan
benar-benar tertanam jika menggunakan sebuah cara atau metode yang pas dalam
pembelajaran, untuk itu diperlukan beberapa aspek yang mendorong hal tersebut baik
dari segi pendidik, dari sarana prasarananya dan lingkungan serta masyarakat supaya
dapat mencapai tujuan yang diharapkan oleh semua orang. |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung |
en_US |
dc.subject |
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Bandung |
en_US |
dc.title |
Implikasi Pedagogis Dari Qs. An-Naml Ayat 60-64 Sebagai Landasan Metode Pengulangan Dalam Pembelajaran Aqidah |
en_US |