Universitas Islam Bandung Repository

Nilai Karakter Islami Dalam Pendidikan Kewirausahaan (Studi Deskriptif Pada Program Market Day Di Sd It Bina Insan Cendikia Cimahi)

Show simple item record

dc.contributor.author Halizah, Feny Nur
dc.date.accessioned 2023-01-25T08:19:26Z
dc.date.available 2023-01-25T08:19:26Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30774
dc.description.abstract Tujuan Penlitian ini adalah untuk mengetahui proses pada program Market Day di SD IT Bina Insan Cendikia yang didalam proses tersebut terdapat perencanaan Program Market Day, Pelaksanaan Program Market Day dan Evaluasi Program Market Day. Tujuan utama penelitian ini yaitu mengetahui karakter kewirausahaan yang dihasilkan dari prorgam Market Day pada peserta didik, serta nilai nilai Islam yang terkandung dalam program Market Day ini yang berguna untuk kehidupan sehari-hari peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitik alasanya menggunakan metode ini yaitu didasarkan pada permasalahan yang aktual dan perlu pemecahan untuk masa sekarang. Pelaksanaan metode-metode deskriptif tidak hanya pada pengumpulan dan penyusunan data tapi meliputi analisis dan interpretasi. Teknik penelitian yang digunakan menggunakan triangulasi yaitu studi Observasi, Studi Wawancara dan Studi Dokumentasi. Oservasi meliputi deskrpsi yang faktual tentang apa yag dilihat di dengar dan dirasakan, wawancara meliputi pengumpulan informasi yang terkandung dalam hati dan pikiran orang lain, dan dokemntasi berupa sumber-sumber informasi baik dokumen tertulis maupun gambar-gambar. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini berupa manjement program yaitu perencanaa, pelaksanaan dan evaluasi, serta menganalisis hasil dari program tersebut yang terdapat karakter kewirausahaan dan nilai-nilai Islam di dalam manejement tersebut. Penerapan manajement tersebut menghasilkan apa yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu dapat menumbuhkan karakter kewirausahaan seperti rasa berani, tangung jawab, kreatif, berfikir kritis, dan pantang menyerah. Nilai-nilai islam yang dihasilkan dalam program Market Day juga yaitu peserta didik terlihat lebih bersyukur, tawakal sabar, jujur dan ikhlas. Hasil tersebut terlihat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan tersebut. Guru juga menilai perubahan karakter peserta didik. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Market Day, Karakter Kewirausahaan, Nilai-nilai Islam en_US
dc.title Nilai Karakter Islami Dalam Pendidikan Kewirausahaan (Studi Deskriptif Pada Program Market Day Di Sd It Bina Insan Cendikia Cimahi) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account