Abstract:
Pendidikan Agama Islam merupakan usaha untuk mengembangkan
ketakwaan umat manusia kepada sang pencipta dan mendidik manusia untuk
dapat memiliki pengetahuan tentang keagamaan dan membentuk akhlak/moral
yang baik. Umat muslim, khususnya remaja muslim sangat memerlukan
pemahaman lebih tentang agama, dikarenakan remaja muslim adalah aset
berharga bagi bangsa dan agama terutama sebagai penerus dakwah untuk
menyebarkan agama Islam di pelosok dunia. Dengan pendalaman pengetahuan
keagamaan diharapkan remaja muslim akan terhindar dari perilaku-prilaku dan
pergaulan negatif yang sedang marak dewasa ini. Dalam mendukung
pengembanagn pengetahuan lebih tentang keagamaan dan menjaga pergaulan
khususnya remaja, SMP Aisyiah Boarding School Bandung menerapkan
pembelajaran Muatan Lokal PAI berbasis karakter, yakni menerapkan pendidikan
agama dan pendidikan karakter secara bersama. Maka dari permasalahan diatas
penulis tertarik untuk mengadakan penelitian secara langsung dengan judul
“Pengelolaan Pembelajaran Muatan Lokal PAI Berbasis Karakter di SMP
Aisyiyah Boarding School Bandung”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan
pembelajaran Muatan Lokal PAI Berbasis Karakter di SMP Aisyiyah Boarding
School Bandung, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Muatan Lokal PAI
Berbasis Karakter di SMP Aisyiyah Boarding School Bandung, untuk mengetahui
evaluasi/penilaian pembelajaran Muatan Lokal PAI Berbasis Karakter di SMP
Aisyiyah Boarding School Bandung.
Penelitian di SMP Aisyiyah Boarding School Bandung menggunakan
analisis kualitatif. Metode yang digunakan yaitu deskriptif, dimana metode
tersebut menuntut penelitian dengan langkah-langkah observasi, wawancara,
angket dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian analisis dan
disimpulkan serta disusun secara sistematis.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diperoleh beberapa temuan
yaitu: perencanaan yang dibuat sesuai dengan prosedur pembelajaran yakni
Silabus, RPP yang menekankan pembelajaran secara komperhensif yaitu
pengetahuan (Knowlage), keterampilan (Skill) dan juga sikap (Attitude).
Pelaksanan pembelajaran telah sesuai dengan yang dicantumkan dalam RPP,
yakni kegiatan inti, kegiatan pendahuluan, dan kegiatan penutup yang semua
kegiatannya menujang penanaman karakter yang ditujukan pada setiap siswa .
Evaluasi atau penilaian terhadap pembelajaran muatan lokal PAI berbasis karakter
menggunakan jenis tagihan lisan, tulisan dan juga praktek.