Abstract:
Hubungan antara Penyampaian Pesan Keagamaan Tsani Liziah
dengan Pengetahuan Keagamaan Komunitas MCM (Muslimah Cerdas
Multitalenta di Media Sosial. Penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara penyampaian pesan keagamaan Ustadzah Tsani Liziah,
dengan pengetahuan keagamaan komunitas MCM (Muslimah Cerdas
Multitalenta). Teori yang digunakan adalah teori New Media dimana
karakteristik media sosial menjadi stimulus dalam penelitian ini, yang
meliputi partisipasi, keterbukaan, percakapan, komunitas dan konektivitas.
Adapun partisipan dalam penelitian ini adalah anggota komunitas
MCM (Muslimah Cerdas Multitalenta) yang diharapkan dapat menerima
pesan keagamaan yang disampaikan Ustadzah Tsani Liziah melalui media
sosial WhatsApp Messenger sehingga meningkatkan pengetahuan
keagamaan komunitas yang mencakup dimensi ritual, dimensi
eksperiensial dan dimensi intelektual.
Metode yang digunakan adalah korelasional yang bertujuan untuk
meneliti hubungan dan tingkat hubungan antara dua dua variabel atau
lebih. Adapun variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dalam penelitian
ini adalah skala ordinal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket, wawancara narasumber, studi kepustakaan.
Populasi yang diambil adalah 32 orang anggota komunitas atau
keseluruhan dari komunitas. Sehingga teknik sampling yang digunakan
adalah teknik sampling total.
Hasil penelitian diketahui bahwa penyampaian pesan keagamaan
yang disampaikan oleh Ustadzah Tsani Liziah memiliki hubungan dengan
pengetahuan keagamaan komunitas MCM (Muslimah Cerdas Multitalenta)
Sukabumi.