Abstract:
Pihak Grand Odiseus Fitness Center harus dapat memanjakan para konsumen dan
menciptakan suasana yang nyaman dalam berbagai bentuk aktivitas Customer
Relations. Grand Odiseus Fitness Center tidak berorientasi kepada banyaknya
jumlah member, melainkan kepada service pelayanan yang di berikan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui strategi Customer Relationship Management
Grand Odiseus Fitness Center dalam mengelola Customer Relations. Peneliti
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berdasarkan wawancara mendalam, observasi,
dan studi literatur. Wawancara dilakukan kepada orang-orang yang berkaitan
dengan dengan penelitian yaitu Public Relations Manager Grand Odiseus Fitness
Center, Sales And Marketing Grand Odiseus Fitness Center, Dan Sales And
Marketing Hotel Novotel Bandung. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
maka peneliti memperoleh strategi Public Relations yang dijalankan dalam
membangun Customer Relationship berjalan dengan baik dan juga membawa
dampak baik bagi internal dan eksternal. Dari hasil penelitian maka peneliti
mengambil kesimpulan bahwa strategi dilakukan Public Relations Grand Odiseus
Fitness Center dalam menjalankan program Customer Relationship Management
yaitu strategi Public Relations untuk membina hubungan yang sangat baik ke
dalam dan membina hubungan ke luar lingkup perusahaan. Dari strategi tersebut
Grand Odiseus Fitness Center sudah cukup berhasil menjalankan program
Odiseus Seven Basic. Keberhasilannya dapat dinilai dari banyaknya Our Comment
yang diisi oleh konsumen Fitness Center.