Abstract:
Saat ini peranan simbol visual sebagai bentuk komunikasi sangatlah
penting mengingat keberadaannya sangat tak terbatas dalam kehidupan kita
sehari-hari. Logo merupakan bagian dari identitas perusahaan yang dirancang
terutama sebagai simbol pembeda untuk dikenali di antara perusahaan-perusahaan
lainnya, sebagai bentuk komunikasi yang mencerminkan nilai-nilai ideal suatu
perusahaan yang sengaja dibentuk, dan memainkan peran yang sangat penting
dalam benak konsumen, khususnya peran dalam menciptakan persepsi yang kuat
tentang merek atau perusahaan, serta mempunyai arti penting karena dapat
mengingatkan khalayak akan perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah
Untuk mengetahui makna logo PT. Telkom yang baru di liris.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif.
penelitian kualitatif berangkat dari ilmu-ilmu perilaku dan ilmu sosial. Peneliyian
mengenai logo tersebut diteliti dengan menggunakan analisis semiotika Charles
Sanders Pierce. Dengan metode ini memberikan ruang bagi penulis untuk
mengeksplorasi makna yang terkandung di balik logo terbaru perusahaan PT.
Telkom ini dengan ikon, indeks, dan simbol yang ada pada logo.
Kesimpulan penelitian ini memberikan gambaran bahwa PT. Telkom
berusaha menampilkan logo terbaru untuk mewakili peubahan kinerja dan
semangat perusahaan dan mengaplikasikan perubahan identitas dengan
menggunakan ikon, indeks, simbol yang sesuai dan mewakili perasahaan untuk
ditampilkan kepada masyarakat dan para pelanggan. Karena dengan memiliki
logo akan membantu membuat reminder di benak pelanggan.