Abstract:
TK dan SD Bakti Asih merupakan salah satu sekolah yang ada di kota Bandung.
TK Bakti Asih diresmikan sebagai sekolah inklusi pada tahun 2010. Sebelum
diresmikan sebagai TK inklusi, TK Bakti Asih sudah menerima anak
berkebutuhan khusus. SD Bakti Asih belum tercatat secara resmi sebagi sekolah
inklusi, namun sudah menerima anak berkebutuhan khusus. Sehingga para guru
yang bekerja di yayasan tersebut memiliki tuntutan untuk memberikan
pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus. Yayasan ini memiliki guru yang
harus mampu mengajar dan mengkomodir anak normal dan berkebutuhan khusus.
mereka mengajar anak-anak bekebutuhan khusus dengan bersungguh-sungguh,
penuh kehangatan dan harapan. karakter positif ini dinamakan sebagai kekuatan
karakter. Kekuatan karakter tersebut muncul dalam kehidupan sehari-hari para
guru yang memberikan damapak para guru bertahan dengan pekerjaan sebagai
guru di yayasan Bakti Asih. Bertahannya guru di pekerjaannya membuat mereka
tetap berada di yayasan Bakti Asih. hal tersbut memunculkan adanya komitmen
kerja dari para individu terhadap pekerjaannya sebagai guru.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara profil kekuatan
karakter dengan komitmen kerja pada guru di TK dan SD Bakti Asih Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Subjek dalam penelitian ini
adalah populasi sebanyak 11 orang. Guru di yayasan Bakti Asih memiliki
komitmen afektif sebanyak 5 orang, komitmen kontinuan 4 orang dan komitmen
normatif 2 orang. Kekuatan karakter yang memeiliki korelasi dengan komitmen
afektif yaitu 1.love dengan nilai r = 0,968 2.kindness dengan nilai r = 0,884
3.fairness dengan nilai r = 0,884 4.love of learning dengan nilai r = 0,648 5.hope
dengan nilai r = 0,631 6.social intelligence dengan nilai r = 0,625. Kekuatan
karakter yang memiliki korelasi dengan komitmen kontinuan 1.creativity dengan
nilai r = 0,894 2.love of learning dengan nilai r = 0,8 3.hope dengan nilai r = 0,6.