Abstract:
Iklan adalah sarana komunikasi persuasif yang bertujuan untuk mempengaruhi,
membujuk masyarakat dalam hal ini konsumen atau calon konsumen untuk menggunakan
suatu produk, baik itu produk yang berupa barang atau pun jasa. Dalam dunia usaha,
promosi dengan cara beriklan merupakan suatu keharusan untuk meningkatkan omset dan
keuntungan bagi tiap-tiap individu ataupun perusahaan. Perusahaan tidak cukup hanya
mengirimkan produk ataupun jasa ke pasar, melainkan harus juga berkomunikasi dengan
pasar.
Penelitian ini berjudul makna tayangan iklan Polygon Bikes melalui media online
YouTube. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
analisis semiotika melalui presfektif Charles Sanders Peirce. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui makna tanda (sign) yang dibagi menjadi tiga yaitu: Ikon,
Indeks, dan Simbol. Serta untuk mengetahui cara lain Polygon Bikes selain
menayangkan/mengunggah video ke situs YouTube dan untuk mengetahui interpretasi
rider MTB freestyle dirt jump lokal atas bergabungnya Yannick Granieri dan Sam
Reynolds bergabung di Polygon Bikes.
Untuk bisa mencapai tujuan dari penelitian ini, tentu saja penulis mengumpulkan
berbagai teori dan berbagai macam literatur dari berbagai media yang bisa menunjang
terhadap proses penelitian ini. Di samping itu, penulis juga melakukan wawancara
terhadap Dirut pemasar dan HRD Polygon Bikes serta komunitas sepeda MTB freestyle
dirt jump UrbanStreet Bandung dan juga rider MTB freestyle dirt jump lokal. Selaras
dengan tujuan dari penelitian ini, alhasil terdapat beberapa simpulan. Dilihat dari fungsi
referensial, tayangan iklan ini mengacu pada makna-makna sebuah strategi perusahaan
serta budaya perusahaan yang ingin membuat suatu perusahaanya lebih maju dan
berkembang.
Tayangan iklan ini dapat menjadi motivasi atau dorongan bagi rider lokal,
khususnya bagi seluruh pecinta olahraga ekstrim MTB freestyle dirt jump.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan
menggunakan teori semiotika. Untuk mengetahui makna yang terkandung pada tayangan
iklan Polygon Bikes tersebut, penulis menggunakan perspektif dari Peirce yaitu makna
tanda (sign) yang dibagi menjadi tiga yaitu: Ikon, Indeks, dan Simbol.
Kesimpulan yang dapat penulis tarik dari penelitian ini adalah ikon yang
ditampilkan untuk membentuk Brand Image dengan sering menampilkan produk melekat
dengan Yannick Granieri dan Sam Reynolds sebagai atlet profesional. Sedangkan Indeks
yang muncul merupakan misi dari Polygon Bikes untuk tumbuh dan berkembang untuk
memasuki pasar Eropa. Sedangkan simbol terdapat berupa logo brand dan makna-makna
gaya atraksi dan makna rintangan. Menjadi sponsor utama atau pendukung acara dari
berbagai jenis kejuaraan sepeda di Indonesia bahkan hingga mancanegara merupakan hal
yang paling berperan sebagai langkah kongkret mendukung segala bentuk olahraga
sepeda, khususnya di Indonesia. Untuk skala nasional Polygon Bikes masuk melalui
fenomena gaya hidup sehat olahraga dengan bersepeda melalui acara-acara fun bike, car
free day. Bergabungnya Yannick Granieri dan Sam Reynolds di Polygon Bikes tidak
sesuai dengan haparan rider lokal akan adanya perkembangan yang signifikan terhadap
kemajuan olahraga ekstrim di Indonesia, khususnya pada olahraga MTB freestyle dirt
jump.