Abstract:
Bandung Korea Community (Hansamo) merupakan komunitas pencinta hallyu yang
terdapat di Bandung. Dalam komunitas tersebut ditemukan fenomena-fenomena
yang menunjukkan bahwa anggota komunitas Hansamo memiliki penilaian negatif
terhadap self esteem nya yang berdampak pada perilaku compulsive buying sebagai
cara untuk melindungi self-esteemnya dari penilaian negatif tersebut. Adapun
tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat seberapa erat hubungan antara Self
Esteem dengan perilaku Compulsive Buying remaja penggemar hallyu wave yang
terdapat pada Bandung Korea Community (Hansamo). Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah korelasional dengan jumlah subjek sebanyak 60 orang
anggota Bandung Korea Community (Hansamo) yang masih aktif. Pengumpulan
data yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa aspek-aspek self-esteem
menurut Coopersmith dengan reliabilitas sebesar 0,981 dan alat ukur dari
karakteristik compulsive buying menurut Faber & O‟Guinn dengan reliabilitas
sebesar 0,966. Pengujian korelasi antara variabel self esteem dengan compulsive
buying menggunakan teknik korelasi Rank-Spearman. Berdasarkan hasil penelitian,
diperoleh korelasi dengan nilai sebesar rs = - 0,417 dan dapat dikatakan bahwa
terdapat hubungan yang negatif antara self esteem dengan compulsive buying
remaja penggemar hallyu wave di Bandung Korea Community (Hansamo), artinya
semakin rendah self esteem maka semakin tinggi compulsive buying remaja
penggemar hallyu wave di Bandung Korea Community (Hansamo) ataupun
sebaliknya.