Abstract:
Teknologi yang semakin berkembang membuat manusia selalu memburu
informasi mengenai teknologi terbaru di Indonesia. Majalah merupakan alat
komunikasi massa yang memberikan informasi yang jelas, menarik, dan
mempunyai nilai berita yang cukup lama. Majalah Gadget+ merupakan salah satu
media massa berupa majalah yang selalu memberikan informasi ter-update dan
terpercaya di Indonesia khususnya di Kota Bandung. Akan tetapi, banyaknya
media massa berupa majalah yang membahas menganai teknologi, membuat
Majalah Gadget+ ini ingin memberikan sesuatu hal yang baru kepada masyarakat
atau konsumen, dan juga ingin membentuk image baru agar tidak dipandang
sebagai majalah dewasa, melainkan menjadi sebuah majalah Gadget+ yang dapat
dikonsumsi, semua kalangan, yaitu dengan cara rebranding. Penelitian ini
berjudul “Strategi Rebranding Majalah Gadget+ Dalam Membangun Citra Baru”.
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
memberikan rumusan sebagai berikut : “Bagaimana Strategi Rebranding Majalah
Gadget+ Dalam Membangun Citra Baru?”
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan terjadinya
rebranding, proses terjadinya rebranding, serta untuk mengetahui kendala dan
solusi rebranding yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik
pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi,
studi kepustakaan, dan media internet.
Hasil penelitian ini adalah Adanya merger dari 3 majalah teknologi yaitu
Gadget, AppsStation dan Macworld, sehingga rebranding ini dilakukan. Lalu
melewati beberapa proses rebranding dan beberapa kendala, sehingga didapat
solusi yang menghasilkan suatu model strategi dari majalah Gadget+, dan
berujung membentuk citra baru yang baik, yaitu menjadi majalah teknologi yang
dapat dijadikan referensi informasi teknologi dan dapat dikonsumsi oleh semua
kalangan.