Abstract:
Ekuitas merek merupakan kekuatan suatu merek di mata konsumen
mengenai nilai tambah yang diberikan konsumen mengenai suatu produk.
Penelitian ini membahas tentang Ekuitas Merek Indosat bagi kalangan pelajar
SMA Kota Cimahi. Ekuitas merek yang dibangun melalui kesadaran merek
(brand awareness), citra merek (brand image), respon merek (brand response),
dan hubungan dengan merek (brand relationship). Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui kesadaran merek (brand awareness), citra merek (brand
image), respon merek (brand response), dan hubungan dengan merek (brand
relationship) Indosat. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode
deskriptif dengan paradigma kuantitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa
SMA Negeri 6 Cimahi. Teknik sampel yang digunakan yaitu cluster sampling
dengan menggunakan rumus Slovin sebagai rumus untuk menentukan ukuran
sampel.
Berdasarkan data penelitian yang diperoleh di lapangan, bahwa Ekuitas
Merek Indosat dilihat melalui kesadaran merek (brand awareness), citra merek
(brand image), respon merek (brand response/loyalty), dan hubungan dengan
merek (brand relationship/association) belum berjalan dengan baik.
Meningkatkan ekuitas merek sangat perlu dilakukan Indosat untuk
mempertahankan eksistensi dan untuk bersaing dengan provider lain.