Abstract:
Majalah berbasis online dengan kategori khalayak penyuka olahraga klub
sepak bola asal Jawa Barat Persib Bandung yaitu Maung Magz. menerbitkan edisinya
yang ke V pada bulan Maret 2015 di situs simamaung.com. Dikupas dalam
pembahasannya mengenai jersey Persib yang bakal dikenakan untuk mengarungi
kompetisi Liga Indonesia tahun 2015. Tampilan jersey cukup menyita perhatian
penggemar dan cukup mendapat sorotan tajam berkaitan dengan desain dan
tampilannya.
Dalam rubrik laporan utama Maung Magz. membahas tuntas mengenai latar
belakang, keunikan, dan intrik-intrik dalam jersey dengan kemasan pemberitaan jenis
in-depth. Isu dalam pemberitaan diangkat ketika momen launching jersey Persib
beserta pemain. Namun, momen tersebut ditandai dengan mencuatnya trending topic
twitter dengan hashtage #MahalTeuing dan #LeagueButut. Tentu hal ini menjadi
sebuah pembahasan menarik untuk dikemas lebih mendalam. Adanya judge negatif
kepada pihak apparel League terkait hashtage trending topic di dunia cyber, membuat
League terpojokan akan terpaan media sosial tersebut, serta mendapatkan citra buruk
di mata publik. Bagaimana Maung Magz. menyajikan pemberitaan tersebut?
Penelitian ini berjudul “Cara Pemberitaan In-Depth Dalam Laporan Utama
Maung Magz. Edisi V di Situs simamaung.com” dengan sub judul Studi Kualitatif
Dengan Pendekatan Skema Framing Robert N. Entman Dalam Karya Jurnalistik di
Laporan Utama Maung Magz. Bertema Cerita Dibalik Jersey Persib 2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana skema framing
yang dilakukan media Maung Magz. Dalam mengemas pemberitaan terkait suatu isu.
Dilihat dari define problem (pendefinisian masalah), diagnoses causes
(memperkirakan sumber masalah), make moral judgement (membuat keputusan
moral), dan treatment recommendation (menekankan penyelesaian).