Abstract:
Pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana mahasiswa Fikom
Unisba membentuk citra diri melalui penampilannya di media sosial sebagai
panggung depan. Penampilan mahasiswa Fikom Unisba di media sosial ini sangat
menarik untuk diteliti karena memiliki perbedaan karakter antara penampilan di
panggung depan dengan kehidupan mereka di kampus Fikom Unisba sebagai
panggung belakangnya. Melalui dramaturgi berupa penampilan, manner, dan
setting di panggung depan akan diperoleh impression management dalam
membentuk citra diri mahasiswa Fikom Unisba sebagai seorang model dan
fashion stylist professional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teori dramaturgi. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian
kualitatif melalui pendekatan dramaturgi. Informan yang diteliti yaitu tiga orang
mahasiswa Fikom Unisba dengan karakteristik yang telah ditentukan. Hasil
beserta kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahwa ketiga informan membentuk
citra dirinya sebagai model yang sopan, elegan dan professional. Lalu sebagai
fashion stylist Andra menampilkan dirinya sebagai stylist yang full colour dan
ceria, dan Gufron menampilkan dirinya sebagai stylist yang terkenal dengan
monochrome dan sisi dramatiknya. Semua itu mereka tampilkan melalui
dramaturgi dan impression management di media sosial sebagai panggung
depannya.