Abstract:
Skripsi ini berjudul “Komunikasi Instruksional Pelatih dalam Memotivasi
Pemain Tim Basket SMAN 20 Bandung” . Permasalahan yang diangkat mengenai
Proses Komunikasi Instruksional yang dilakukan pelatih sehingga dapat
meningkatkan motivasi pemain dari tim basket SMAN 20 Bandung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Bagaimana spesifikasi isi dan
tujuan instruksional pelatih dalam memotivasi pemain tim basket SMAN 20
Bandung, Bagaimana penafsiran perilaku mula (assessment of entering behavior)
pelatih dalam memotivasi pemain tim basket SMAN 20 Bandung, Bagaimana
penetapan strategi instruksional pelatih dalam memotivasi tim basket SMAN 20
Bandung, Bagaimana oganisasi satuan satuan instruksional Pelatih dalam memotivasi
tim basket SMAN 20 Bandung dan Bagaimana umpan balik pemain terhadap pelatih
dalam memotivasi tim basket SMAN 20 Bandung. Metode yang digunakan penulis
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan data untuk
menunjang penelitian ini diperoleh melalui menyebar kuisioner, wawancara,
observasi dan studi pustaka. Penulis meneliti komunikasi insruksional yang dilakukan
pelatih dalam memotivasi pemain tim basket SMAN 20 Bandung menggunakan teori
proses komunikasi instruksional dari Hurt, Scott, dan Croscey.
Teknik pengumpulan data penelitian ini didapat dengan menyebarkan
kuisioner kepada 42 responden dengan menggunakan teknik total sampling.
pemilihan sumber data atau sample dipilih berdasarkan pertimbangan penulis atas
kebutuhan untuk mendapatkan data secara mendalam dari permasalahan yang diteliti.
Adapun sample yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang
mengikuti latihan dan menjadi bagian dari tim basket SMAN 20 Bandung.
Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini pada Komunikasi Instruksional
Pelatih dalam Memotivasi Tim Basket SMAN 20 Bandung secara keseluruhan
masuk dalam kategori baik.