Abstract:
Pemilihan umum kepala daerah adalah salah satu bentuk masyarakat yang
demokratis. Menjelang pilkada kota Bandung 2013-2018, setiap calon pasangan
mempunyai strategi komunikasi politik dalam berkampanye, salah satu kampanye
yang popular dengan kampanye melalui media internet, yang dilakukan melalui
media sosial twitter untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang visi dan
misi Ridwan Kamil menjadi Walikota Bandung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang
digunakan Tim Sukses Ridwan Kamil melalui media sosial Twitter. Metode
penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif studi kasus dengan
desain kasus tunggal dan unit analisis tunggal. Teknik pengumpulan data melalui
wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan baru dalam kampanye calon
walikota Bandung, Tim Sukses Ridwan Kamil berhasil melakukan kampanye.
Strategi yang digunakan adalah strategi komunikasi politik dengan menciptakan
kebersamaan di dalam media sosial twitter, yaitu Strategi memahami khalayak,
strategi menyusun pesan persuasif, strategi menetapkan metode repetition dan
strategi memilah memilih media. Hasilnya sangat berhasil dalam pemberian suara
kepada Ridwan Kamil. Tim sukses media sosial twitter seperti @RKBgd berperan
penting sebagai gudangnya informasi Ridwan Kamil, untuk mempengaruhi
masyarakat dalam menyampaikan kampanye gagasan politiknya Ridwan Kamil.
Twitter diplih sebagai media kampanye dikarenakan interaksi di twitter sangat
efektif dan menarik.