Universitas Islam Bandung Repository

ANALISIS PERBANDINGAN EFISIENSI KERJASAMA ASURANSI PENJAMINAN DI BANK BRISYARIAH KCI CITARUM BANDUNG DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Hidayati, Deyshma Nadia
dc.creator Malik, Zaini Abdul
dc.creator Setiyawan, Susilo
dc.date 2015-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/1102
dc.description Pembiayaan merupakan kegiatan utama dalam perbankan sebagai usaha untuk memperoleh keuntungan. Akan tetapi pembiayaan rawan resiko kredit yang tidak saja merugikan bank tapi juga berakibat pada masyarakat penyimpan dan pengguna dana. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, Bank BRISyariah KCI Citarum Bandung bekerjasama dengan Perusahaan Asuransi Penjaminan Kredit untuk memberikan penjaminan terhadap pembiayaan yang dilakukan. Penilaian efisiensi kerjasama penjaminan antar bank dan asuransi penjaminan kredit menjadi sangat penting dalam kondisi seperti ini, karena efisiensi merupakan gambaran kinerja suatu perusahaan sekaligus menjadi faktor yang harus diperhatikan bank untuk bertindak rasional dalam meminimumkan tigkat risiko yang dihadapi dalam menghadapi kegiatan operasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kerjasama asuransi penjaminan di BRISyariah KCI Citarum Bandung serta menganalisis perbandingan efisiensi kerjasama asuransi  penjaminan di Bank BRISyariah KCI Citarum Bandung yang terdiri dari Asuransi Al-Amin, Asuransi Bringin Life Syari’ah, Asuransi Sinar Mas Syari’ah, dan Asuransi Mega Life Syari’ah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni Data Envelopment Analysis (DEA), di mana variabel yang digunakan terdiri dari input (modal, plafon pembiayaan, dan waktu pembiayaan) dan output (jangka waktu pencairan dan premi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksaaan kerjasama asuransi penjaminan di Bank BRIsyariahh KCI Citarum Bandung belum sepenuhnya sesuai dengan proedur yang ada, dan hasil analisis tingat efisiensi dari ke-empat perusahaan asuransi penjaminan yang melakukan kerjasama, ada satu perusahaan asuransi yang kurang efisien yakni Asuransi Mega Life Syari’ah, sedangkan untuk ke-tiga asuransi lainnya sudah memiliki nilai 100 yang artinya perusahaan tersebut kinerjanya sudah efisien.   
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/1102/pdf
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2015); 161-167
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2015); 161-167
dc.source 2460-2159
dc.subject Perbankan Syariah
dc.subject Efisiensi, Asuransi Penjaminan Bank BRISyariah, DEA
dc.title ANALISIS PERBANDINGAN EFISIENSI KERJASAMA ASURANSI PENJAMINAN DI BANK BRISYARIAH KCI CITARUM BANDUNG DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account