Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH KUALITAS LAYANAN JASA PERBANKAN SECARA ONLINE MELALUI INTERNET BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP RANCAEKEK

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Koswara, Siti Rohmah
dc.creator Malik, Zaini Abdul
dc.creator Nurdin, Nurdin
dc.date 2015-08-13
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/1103
dc.description Persaingan bisnis perbankan pada saat ini ditandai dengan banyaknya jenis produk perbankan yang baru dan ditawarkan kepada nasabah sehingga hal tersebut mengakibatkan meningkatnya kesadaran nasabah untuk memilih berbagai macam pelayanan, fasilitas dan kualitas produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Dalam hal ini Bank Syariah Mandiri berusaha mengeluarkan produk dan layanan jasa yang lebih spesifik agar dapat memberikan kepuasan yang maksimal bagi para nasabahnya dan juga menjaring konsumen lebih luas. Salah satu produk jasanya adalah Internet banking atau dikenal istilah BSM Net Banking. BSM Net banking merupakan layanan informasi dan transaksi yang mobile dan fleksibel, 24 jam sehari dimana nasabah dapat melakukan transaksi dan mengakses informasi melalui fasilitas internet. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas layanan jasa perbankan secara online melalui internet banking di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek, loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek, dan pengaruh kualitas layanan jasa perbankan secara online melalui internet banking terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan internet banking di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek, mengetahui loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek, mengetahui pengaruh kualitas layanan jasa perbankan secara online melalui internet banking terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah dengan wawancara terhadap karyawan Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek, memberikan kuesioner kepada nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek yang menggunakan internet banking sebanyak 100 responden serta menggunakan beberapa pedoman buku. Teknik analisa data yang digunakan dengan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang didapat bahwa kualitas layanan jasa perbankan secara online melalui internet banking di BSM KCP Rancaekek dinilai baik. Loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP rancaekek dinilai tinggi, dan pengaruh kualitas layanan jasa perbankan secara online melalui internet banking dinilai cukup kuat karena dilihat dari t hitumg > t table, yaitu 4,942 > 1,661 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan internet banking dengan loyalitas nasabah.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/1103/pdf
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2015); 168-173
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2015); 168-173
dc.source 2460-2159
dc.subject Perbankan Syariah
dc.subject Kualitas Layanan Internet Banking, Loyalitas Nasabah
dc.title PENGARUH KUALITAS LAYANAN JASA PERBANKAN SECARA ONLINE MELALUI INTERNET BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP RANCAEKEK
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account