Abstract:
BRI Syariah KCP Cijerah, dalam menjual produk salah satunya
menggunakan strategi pemasaran Islamic experiential marketing. experiential
marketing merupakan sebuah pendekatan dalam pemasaran, para pemasaar lebih
menekankan deferensiasi produknya untuk membedakan produknya dengan
produk kompetitor. Dengan adanya Islamic experiential marketing konsumen bisa
merasakan dan memperoleh pengalaman secara langsung melalui sense, feel, act,
relate. Adapun rumusan masalah dari penelitian yaitu bagaimana pelaksanaan
Islamic experiential Marketing, bagaimana tanggapan nasabah dan bagaimana
keputusan pembelian di BRI Syariah KCP Cijerah maka, tujuan dari penelitian
yaitu untuk mengetahui pelaksanaan-pelaksanaan Islamic experientia marketing
di BRI Syariah KCP Cijerah, untuk mengetahui tanggapan responden tentang
pelaksanaan Islamic experiential marketing di BRI Syariah KCP Cijerah serta
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Islamic experiential marketing
terhadap keputusan pembelian pada BRI Syariah KCP Cijerah.
Penelitian yang dilaksanakan ini bersifat deskriptif verifikasi yaitu
penelitian yang memerlukan pengujian hipotesis dengan teknik survey yaitu riset
yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta tentang gejala-gejala atas
permasalahan yang timbul.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan islamic
experiential marketing yang telah dilakukan oleh BRI Syariah KCP Cijerah sudah
cukup baik, terutama dalam deferensiasi produknya. Tanggapan nasabah tentang
penerapan Islamic Experential Marketing di BRI Syariah KCP Cijerah cukup
baik, Nasabah BRI Syariah mengambil keputusan untuk menabung di BRI
Syariah KCP Cijerah, Bahwa Islamic Experiential Marketing berpengaruh
terhadap keputusan pembelian.
Koefesien determinasi (KD) menunjukan nilai sebesar 0,43 atau 43%
artinya variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel Islamic
experiential marketing sebesar 43%. Nilai ini menunjukan kedalam tingkat
hubungan yang cukup erat yaitu berada pada interval 0,40-0,70. Nilai
(5,500) lebih besar dati (1,684). Jadi diperoleh keputusan pengujian di
tolak diterima. Jadi hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa dengan
tingkat keyakinan 95% pengaruh Islamic experiential marketing terhadap
keputusan pembelian adalah signifikan