Universitas Islam Bandung Repository

The Analysis of Service Quality on the Satisfaction of Umrah Pilgrims in PT Amanah Mulia Travel

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Istiqomah, Sharah
dc.creator Hidayat, Asep Ramdan
dc.creator Julia, Aan
dc.date 2016-02-18
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/2676
dc.description Quality of service is vital run by companies based services company, PT. Amanah Mulia Tourism as one of the tour and travel services company that offers trips plus Hajj and Umrah, and always proud of our brand and products in any promotion, should apply quality of service that characterizes ethical marketers to fellow Muslims. In fact, the number of congregations from year to year i.e. 2011-2015 looks pilgrims fluctuating growth tends to decrease. This contrasts with the quality of services provided by the company in its best efforts to handle all the needs, the needs and desires of each congregation in achieving their dreams while going departed pilgrimage to the holy land. Based on the background of the problem, it is concluded that the first formulation of the problem, How can the quality of services are applied in PT. Amanah Mulia Tourism, and the second, How analysis of quality of service to the satisfaction of Umrah pilgrims in PT. Amanah Mulia Tourism. The objective is to determine the quality of service is applied in PT. Amanah Mulia Tourism, and the second, to know the analysis of the quality of service to satisfaction of Umrah pilgrims in PT. Amanah Mulia Tourism. The method used in this research is descriptive qualitative analysis. Data collection techniques used is through a questionnaire or questionnaires, Literature, and observations. The sampling method used in this study is a random probability sampling or in which every member of the population has an equal chance to be elected as members of the sample, with a simple random sampling technique in a systematic way or ordinal. Quality of service at PT. Amanah Mulia Travel refers to the objectives, needs, and satisfaction worshipers. In detail, the quality of services is applied in PT. Amanah Mulia Tours can be described as follows: provide the best services, build trust, build a sense of professionalism, and selling quality products. The results of the questionnaire, and direct observation shows that the quality of services provided by PT. Travel Amanah Mulia said to be good and have been felt by Umrah pilgrims, resulting in satisfaction levels high enough worshipers in PT. Amanah Mulia Tourism.
dc.description Kualitas pelayanan sangat penting dijalankan oleh perusahaan yang berbasis perusahaan jasa, PT. Amanah Mulia Wisata sebagai salah satu perusahaan jasa tour dan travel yang menawarkan perjalanan haji plus dan umrah, dan selalu membanggakan brand dan produknya dalam setiap promosi, seharusnya menerapkan kualitas pelayanan yang mencirikan etika pemasar kepada sesama muslim. Dalam kenyataannya jumlah jamaahnya dari tahun ke tahun yaitu 2011-2015 terlihat pertumbuhan jamaah yang fluktuatif bahkan cenderung menurun. Hal ini bertentangan dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan dalam usaha terbaiknya menangani segala keperluan, kebutuhan, dan keinginan masing-masing jamaah dalam mencapai impiannya saat pergi berangkat ibadah ke tanah suci.Berdasarkan latar belakang masalah, maka disimpulkan rumusan masalah yang pertama, Bagaimanakah kualitas pelayanan yang diterapkan di PT. Amanah Mulia Wisata, dan yang kedua, Bagaimanakah analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah umrah di PT. Amanah Mulia Wisata. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diterapkan di PT. Amanah Mulia Wisata, dan yang kedua, Untuk mengetahui analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah umrah di PT. Amanah Mulia Wisata.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Angket atau Kuesioner, Studi Literatur, dan Observasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel probabilitas atau acak di mana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel, dengan teknik simple random sampling dengan cara sistematis atau ordinal.Kualitas pelayanan di PT. Amanah Mulia Wisata mengacu kepada tujuan, kebutuhan, dan kepuasan jamaah. Secara detail kualitas pelayanan yang diterapkan di PT. Amanah Mulia Wisata dapat diuraikan sebagai berikut: memberikan pelayanan terbaik, membangun kepercayaan, membangun sikap profesionalisme, dan menjual produk berkualitas. Hasil kuesioner, dan observasi langsung menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Amanah Mulia Wisata dikatakan baik dan telah dapat dirasakan oleh jamaah umrah, sehingga menghasilkan tingkat kepuasan jamaah yang cukup tinggi di PT. Amanah Mulia Wisata.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/2676/pdf
dc.source Proceedings of Finance & Islamic Banking; Vol 2, No 1, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Februari 2016); 441-448
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 2, No 1, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Februari 2016); 441-448
dc.source 2460-2159
dc.subject Proceedings of the Financial Institutions and Syariah Banking
dc.subject Service, Service Quality, Customer Satisfaction
dc.subject Keuangan dan Perbankan Syariah
dc.subject Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
dc.title The Analysis of Service Quality on the Satisfaction of Umrah Pilgrims in PT Amanah Mulia Travel
dc.title Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jamaah Umrah di PT. Amanah Mulia Wisata
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type Kuantitatif
dc.type Quantitative


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account