dc.contributor.author |
Anggraeni, Nina |
|
dc.date.accessioned |
2015-09-10T04:18:05Z |
|
dc.date.available |
2015-09-10T04:18:05Z |
|
dc.date.issued |
2015 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/350 |
|
dc.description.abstract |
Sebagai upaya untuk memperluas akses layanan keuangannya, bank bjb
syariah melakukan inovasi layanan jasa dengan konsep layanan bank tanpa kantor
cabang (branchless banking). Branchless banking adalah jaringan distribusi yang
digunakan untuk memberikan layanan finansial di luar kantor - kantor cabang
bank melalui pemanfaatan teknologi dengan biaya yang efektif, efisien dan dalam
kondisi yang aman dan nyaman. Layanan tersebut dinamakan Layanan 3 In 1
Maslahah yang dipandang dapat meningkatkan pencapaian jumlah Dana Pihak
Ketiga (DPK) serta sebagai upaya pengendalian biaya operasional bank dalam
rangka mempercepat pertumbuhan bisnisnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Layanan 3 In 1
Maslahah, bagaimana pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan biaya
operasional bank serta bagaimana pengaruh Layanan 3 In 1 Maslahah (branchless
banking) terhadap perumbuhan Dana Pihak Ketiga dan Efisiensi biaya operasional
bank bjb syariah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan 3
In 1 Maslahah (branchless banking) bank bjb syariah, pertumbuhan Dana Pihak
Ketiga (DPK) dan tingkat biaya operasional bank antara sebelum dan setelah ada
Layanan 3 In 1 Maslahah (branchless banking), serta pengaruh Layanan 3 In 1
Maslahah terhadap pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan efisiensi biaya
operasional bank. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan
analisis data kuantitatif. Penulis melakukan pengujian hipotesis berdasarkan uji
beda dua rata - rata saling bebas dengan menggunakan independent sampel t-test.
Layanan 3 In 1 Maslahah (branchless banking) terdiri dari Layanan Jemput
Maslahah, Produk Card Maslahah dan Layanan Mobile Maslahah. Setelah ada
layanan 3 In 1 Maslahah (branchless banking), rata - rata jumlah Dana Pihak
Ketiga (DPK) mengalami peningkatan sebesar 60,67% dan rata - rata tingkat
biaya operasional bank mengalami kenaikkan sebesar 69,32%. Layanan 3 In 1
Maslahah (branchless banking) berpengaruh secara signifikan terhadap
pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan efisiensi biaya operasional bank. Hal
itu terjadi karena Layanan 3 In 1 Maslahah (branchless banking) banyak
memberikan kemudahan kepada masyarakat sehingga mampu menarik minat
masyarakat untuk menjadi nasabah bank bjb syariah. Sebagai upaya perluasan
akses layanan keuangan bank bjb syariah, Layanan 3 In Maslahah mampu
menekan biaya operasional bank jika dibandingkan dengan pendirian kantor -
kantor cabang baru. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Zaini Abdul Malik, S.Ag., MA. |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Syariah (UNISBA) |
en_US |
dc.subject |
Layanan, Branchless Banking, Dana Pihak Ketiga (DPK), Biaya Operasional Bank. |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Layanan 3 in 1 Maslahah (Branchless Banking) terhadap Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Efisiensi Biaya Operasional Bank pada PT. Bank BJB Syariah |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |