Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Akhwat Kelas Viii Di Mts Misbahunnur Kota Cimahi

Show simple item record

dc.contributor.author Nur’aeni, Yeni
dc.date.accessioned 2015-09-10T05:06:16Z
dc.date.available 2015-09-10T05:06:16Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/352
dc.description.abstract MTs Misbahunnur merupakan sekolah setara SMP yang selain mata pelajaran umum di sekolah ini juga dilaksanakan pengembangan pelajaran khusus yaitu pelajaran hafalan qur’an dan pendalaman agama yang lebih. Untuk masuk MTs Misbahunnur terlebih dahulu dilakukan seleksi yaitu berupa tes akademik dan al-qur’an dengan tujuan bahwa agar siswa yang masuk ke MTs tersebut mampu bersaing secara prestasi dan mampu memenuhi segala tuntutan yang ada disekolah tersebut. Namun pada kenyataannya berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu guru di sekolah tersebut mengatakan bahwa sekitar 70% siswa akhwat kelas VIII dari jumlah 33 siswa akhwat di sekolah tersebut saat kegiatan proses belajar mengajar bertingkah laku kurang aktif pada kegiatan belajar mengajar, cepat menyerah dalam mengerjakan tugas, beberapa dari merekapun kebanyakan mengisi tugas dengan asal-asalan. Siswa sering mengulangi kesalahan mereka dalam mengerjakan tugas, tidak berusaha menyelesaikan tugas tepat waktu, mencontek, menggunakan waktu luang tidak untuk belajar, kebanyakan dari mereka memilih teman yang tidak dapat melakukan sharing atau diskusi mengenai pelajaran yang mereka tidak bisa. Fenomena lain yang di dapat bahwa dari mereka banyak yang mempersepsi negatif dukungan yang diberikan oleh orang tua mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiric mmengenai keeratan hubungan anatara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa akhwat kelas VIII di MTs Misbahunnur Cimahi. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini merupakan studi populasi dengan jumlah 33 siswa akwat. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa kuesioner yang diturunkan dari konsep teori dukungan orang tua Sarafino (1990) dan motivasi belajar dari Gage & Berliner (1979). Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji korelasi Rank Spearman, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang tinggi antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar yaitu rs=0,762, artinya semakin negatif pemaknaan terhadap dukungan orang tua maka semakin rendah motivasi belajar siswa akhwat kelas VIII di MTs Misbahunnur Cimahi. Dari seluruh aspekaspek dukungan orang tua, aspek emotional support merupakan aspek yang paling memiliki keeratan hubungan dengan motivasi belajar siswa yaitu rs=0,737. en_US
dc.description.sponsorship Endang Supraptiningsih,Dra.,M.Si en_US
dc.publisher Fakultas Psikologi (UNISBA) en_US
dc.subject Dukungan Orang tua, Motivasi Belajar, Siswa akhwat en_US
dc.title Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Akhwat Kelas Viii Di Mts Misbahunnur Kota Cimahi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account