Universitas Islam Bandung Repository

Educational Implications of Verses 1-9 of Surah Al-Mu'minun of the Holy Quran About Character Education

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Herlina, Herlina
dc.creator Syatibi, H.U Saepudin Ahmad
dc.creator Suhendar, Beni
dc.date 2016-02-19
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/3002
dc.description Verses 1-9 of Surah Al-Mu'minun of the Holy Quran describe the properties owned by a believer, so that they have the luck given by Allah. The properties of such character are inherent in a believer. Therefore, these characters have implications for human life to instill character through character education in life. Character education is the work done to help a person understand, maintain, are concerned about the good things and behave in accordance with the values ​​of noble character in daily life, so that through the character education can embody the values ​​of good character and to apply them in life daily either within the family, school and community. The purpose of this study was to determine: 1) Interpretation of Verses 1-9 of Surah Al-Mu'minun of the Holy Quran, according to the commentators. 2) Opinion of educational experts about character education. 3) The value of character education contained in the verses. 4) The educational implications of the verses. The method used in this research is descriptive analytic methods and approaches tahlili interpretation methods. The essence of Verses 1-9 of Surah Al-Mu'minun of the Holy Quran is that (1) A believer is that those who get the luck of God because they have good qualities in living their lives, among which those khusyu in prayer, those who abstain from behaviors that are not useful, they pay zakat, those maintaining farjinya (sex). those maintaining mandates and promise, and they are maintaining their prayers, so that they remain committed and in running his worship, as well as better utilize the time as best as possible in life; and (2) The properties are applied in everyday life in carrying out Allah's commands and maintain a good relationship with him (hablum minallah) and maintain good relationships with fellow human beings (hablum minannaas) are mutually tighten the relationship and improve behavior in daily lives and foster a sense of social with other people. the values ​​of character education is based on the Verses is (a) Education Faith, (b) Education Coaching Salah khusyu, (c) Education Discipline, (d) social Education, (e) Self-control of Encouragement Lust, (f) Avoiding Morals Disgraced, (g) Education Honesty, (h) Education Commission and the Promise, and (i) the Smart Living Prayer. Implications of education contained in the Verses are (1) human behavior is relationship with God (hablum minallah); (2) human behavior related to each other (hablum minannaas) which includes (a) Conduct themselves, (b) Conduct related to the family, (c) Conduct related to society.
dc.description Abstrak: Dalam Al-Qur’an surat Al-Mu’minun ayat 1-9 menjelaskan tentang sifat-sifat yang dimiliki seorang mukmin, sehingga mereka memiliki kebereuntungan dari Allah. Sifat-sifat tersebut merupakan sebuah karakter yang melekat dalam diri mukmin. Oleh karenanya karakter tersebut membawa implikasi bagi kehidupan manusia untuk menenamkan karakter melalui pendidikan karakter dalam kehidupan. Pendidikan karakter adalah usaha yang dilakukan untuk membantu seseorang memehami, menjaga, memiliki kepedulian tentang hal baik dan berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai karakter mulia dalam kehidupan sehari-hari, sehingga melalui pendidikan karakter dapat mewujudkan nilai-nilai karakter yang baik serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Tafsir dari Q.S. Al-Mu’minun ayat 1-9 menurut para mufassir. 2) Pendapat para ahli pendidikan tentang pendidikan karakter. 3) Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Q.S. Al-Mu’minun ayat 1-9. 4) Implikasi pendidikan dari Q.S. Al-Mu’minun ayat 1-9 tentang pendidikan karakter. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dan pendekatan metode tafsir tahlili. Esensi dari Q.S. Al-Mu’minun ayat 1-9 adalah : 1) Seorang mukmin ialah mereka yang mendapatkan keberuntungan dari Allah karena mereka memiliki sifat-sifat yang baik dalam menjalani hidup mereka, diantaranya yaitu mereka yang khusyu dalam shalatnya, mereka yang menjauhkan diri dari perilaku yang tidak berguna, mereka yang menunaikan zakat, mereka yang memelihara farjinya (kelaminnya). mereka yang memelihara amanat-amanat dan janjinya, dan mereka yang memelihara shalatnya, agar mereka tetap istiqamah dalam menjalankan ibadahnya, serta lebih memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dalam menjalani hidup. 2) Sifat-sifat tersebut diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam melaksanakan perintah Allah serta menjaga hubungan yang baik dengan-Nya (Hablum minallah. Dan menjaga hubungan baik dengan sesama manusia (Hablum minannas) yaitu saling mempererat tali silaturahmi dan memperbaiki perilaku dalam kehidupan sehari-hari serta menumbuhkan rasa sosial dengan sesama manusia. Nilai-nilai pendidikan karakter berdasarkan Q.S. Al-Mu’minun ayat 1-9 sebagai berikut : (a) Pendidikan Keimanan (b) Pendidikan Pembinaan Shalat Khusyu (c) Pendidikan Kedisiplinan (d) Pendidikan Sosial (e) Pengendalian Diri dari Dorongan Hawa Nafsu (f) Menghindari Akhlak Tercela (g) Pendidikan Kejujuran (h) Pendidikan Amanat dan Janji (i) Pandai Menghayati Shalat. Implikasi pendidikan yang terkandung dari Q.S Al-Mu’minun ayat 1-9 mengenai perilaku dalam mewujudkan nilai-nilai pendidikan karakter adalah : 1) Perilaku manusia yang berhubungan dengan Allah (Hablum minallah), 2) Perilaku manusia yang berhubungan dengan sesamanya (Hablum minannas) yaitu mencakup sebagai berikut : (a) Perilaku yang berhubungan dengan diri, (b) Perilaku yang berhubungan dengan keluarga, (c) Perilaku yang berhubungan dengan masyarakat.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/3002/pdf
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2016); 79-86
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2016); 79-86
dc.source 2460-6413
dc.subject Proceedings of Islamic Education
dc.subject Al-Mu'minun, Character Education, Faith.
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Pendidikan Q.S. Al-Mu’minun, Pendidikan Karakter, Keimanan.
dc.title Educational Implications of Verses 1-9 of Surah Al-Mu'minun of the Holy Quran About Character Education
dc.title Implikasi Pendidikan Dari Q.S. Al-Mu’minun Ayat 1-9 Tentang Pendidikan Karakter
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type Eksperimen laboratorium


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account