Islamic education is an effort to develop devotion to the Creator and to educate people to be able to have religious knowledge and to shape character/good akhlaq. Muslims, especially youth, is in need of a better understanding of the religion, because the youth is a valuable asset to the nation and the religion to be successor of da’wah to spread Islam to the world. With the deepening of religious knowledge, it is expected the youth will avoid negative association and behaviors that are continuously evolving. In supporting the development of religious knowledge and maintaining relationships, especially teenagers, the Aisyiyah Boarding Junior High-School of Bandung applies the Character-Based Local Material of Islamic Education. For example, they apply religious education and character education in an integrated content. Therefore, the research is entitled “The Management of the Learning Content of the Character-Based Local Material of Islamic Education in the Aisyiyah Boarding Junior High-School of Bandung”. The purpose of this study is to determine the learning content of the character-based local material of Islamic Education in the Aisyiyah Boarding Junior High-School of Bandung; to investigate the implementation of character-based local material of Islamic Education in the Aisyiyah Boarding Junior High-School of Bandung; and to know the evaluation/assessment character-based local material of Islamic Education in the Aisyiyah Boarding Junior High-School of Bandung. The research is a qualitative. The method was descriptive analytical by observation, interviews, questionnaires, and documentation study. The data were collected for analysis, concluded, and arranged systematically. The results are in the form of documents such as syllabus and lesson plans that comprehensively emphasize knowledge, skills, and attitude. Implementation of learning is done through the introduction, core activities, and cover to emphasize the cultivation of character. Evaluation or assessment of the local material used an assessment instrument consisting of a written test; oral test; test deed containing the names of students achieved proficiency levels, and information; attitude test containing test attitude and attitude scale containing statements and information scale.
Pengelolaan Pembelajaran Materi Lokal PAI Berbasis Karakter di SMP Aisyiyah Boarding School Bandung Shinta Dewi Chandra 10030111027;Dr. Nan Rahminawati., Dra., M.Pd; Asep Dudi Suhardini., S.Ag., M.PdFakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung.Jln Tamansari No.8 Bandung 40116Email: Shintadewichandra@gmail.comABSTRAK Pendidikan Agama Islam merupakan usaha untuk mengembangkan ketakwaan umat manusia kepada sang pencipta dan mendidik manusia untuk dapat memiliki pengetahuan tentang keagamaan dan membentuk akhlak/moral yang baik. Umat muslim, khususnya remaja muslim sangat memerlukan pemahaman lebih tentang agama, dikarenakan remaja muslim adalah aset berharga bagi bangsa dan agama terutama sebagai penerus dakwah untuk menyebarkan agama Islam di pelosok dunia. Dengan pendalaman pengetahuan keagamaan diharapkan remaja muslim akan terhindar dari perilaku-prilaku dan pergaulan negatif yang sedang marak dewasa ini. Dalam mendukung pengembanagn pengetahuan lebih tentang keagamaan dan menjaga pergaulan khususnya remaja, SMP Aisyiah Boarding School Bandung menerapkan pembelajaran Materi Lokal PAI berbasis karakter, yakni menerapkan pendidikan agama dan pendidikan karakter secara bersama. Maka dari permasalahan diatas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian secara langsung dengan judul “Pengelolaan Pembelajaran Materi Lokal PAI Berbasis Karakter di SMP Aisyiyah Boarding School Bandung”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Materi Lokal PAI Berbasis Karakter di SMP Aisyiyah Boarding School Bandung, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Materi Lokal PAI Berbasis Karakter di SMP Aisyiyah Boarding School Bandung, untuk mengetahui evaluasi/penilaian pembelajaran Materi Lokal PAI Berbasis Karakter di SMP Aisyiyah Boarding School Bandung.Penelitian di SMP Aisyiyah Boarding School Bandung menggunakan analisis kualitatif. Metode yang digunakan yaitu deskriptif analitik dengan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian analisis dan disimpulkan serta disusun secara sistematis.Hasil penelitian yang diperoleh ialah: perencanaan dibuat dalam bentuk dokumen berupa Silabus, RPP yang menekankan pembelajaran secara komperhensif yaitu pengetahuan (Knowlage), keterampilan (Skill) dan juga sikap (Attitude). Pelaksanan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup dengan menekankan penanaman karakter. Evaluasi atau penilaian terhadap pembelajaran materi lokal PAI berbasis karakter menggunakan instrumen penilaian terdiri atas : test tertulis berisi butir-butir soal; test lisan berupa tingkat kemampuan siswa dalam pelafalan; test perbuatan berisi nama siswa tingkat kemampuan yang dicapai, dan keterangan; test sikap berisi test sikap berisi pernyataan dan skala sikap serta keterangan skala.