Abstract:
Segala bentuk media sosial yang diakses melalui jaringan internet dengan
tujuan menginformasikan akan produk perusahaannya disebut sebagai pemasaran
media sosial (social media marketing). Pemasaran media sosial diterapkan oleh
perusahaan khususnya e-commerce seperti Lazada Indonesia. Yang mana
menggunakan fanpage facebook sebagai media pendukung dalam memasarkan
produknya yang ada di website. Walaupun media sosial dikatakan sebagai media
yang mampu berinteraksi dengan para konsumennya namun perlu diteliti sejauh
mana tujuan yang bisa dijangkau jika dilihat dari daya tarik pesan iklan di fanpage
facebook Lazada Indonesia tersebut.
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara daya tarik pesan
iklan secara rasional dan daya tarik pesan iklan secara emosional di fanpage
facebook Lazada Indonesia dengan minat beli konsumen dari mahasiswa Sekolah
Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasional dengan
tujuan meneliti sejauhmana hubungan pada satu faktor berkaitan dengan variasi
pada faktor lain. Kemudian hasil yang didapat dapat menggambarkan hubungan
antara iklan di media sosial dengan minat beli konsumen.
Berdasarkan hasil penelitian menggambarkan terdapat hubungan yang
positif antara daya tarik pesan iklan secara rasional dan emosional di fanpage
facebook Lazada Indonesia dengan minat beli konsumen dari mahasiswa Sekolah
Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung.