Abstract:
Perkembangan industri perbankan syariah diiringi dengan terbukanya era
informasi bebas, menyebabkan persaingan antar bank semakin ketat. Hal ini
menyebabkan setiap bank berupaya membuat strategi untuk memenangkan
persaingan. Di perbankan, keputusan konsumen untuk menjadi nasabah bank
dapat didorong dengan atribut produk yang tepat. Atribut produk Islam tersebut
terdiri dari beberapa indikator yaitu merek, label, kemasan, warna, jaminan,
pelayanan, kualitas, dan akad. Atribut produk islam merupakan unsur produk
yang dianggap penting dalam keputusan pembelian karena nasabah yang telah
mendapatkan manfaat tertentu suatu produk, mereka akan loyal. Loyalitas nasabah
tercermin dalam pembelian ulang secara konsisten dan bersedia
merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Atribut Produk
Islami di Bank Muamalat Kantor Cabang Bandung, tanggapan nasabah mengenai
Atribut Produk Islami, loyalitas nasabah terhadap atribut produk Islam, dan
pengaruh Atribut Produk Islami terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat.
Metode yang digunakan adalah metode konklusif. Teknik
pengumpulandata menggunakan kuesioner dengan metode cluster random
sampling. Analisisdata dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik pengujianhipotesis menggunakan person product moment, analisis regresi
linier sederhana, koefisien, koefisien determinasi, MSI (Methode of Successive
Interval dengan bantuan program STAT97)dengan aplikasi Statistical Product and
Service Solution (SPSS) 20.00 for windows untuk mengetahui hubungan
antaravariabel independen dan variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Atribut Produk Islamidi
Bank Muamalat Kantor Cabang Bandung telah sesuai dengan kaidah Islam,
tanggapan nasabah terhadap Atribut Produk Islami dapat di asumsikan baik. Hal
ini terlihatdari jawaban responden yang memberi tanggapan positif terhadap
Atribut Produk Islam yang dilakukan Bank Muamalat. Pengaruh Atribut Produk
Islam tabungan muamalat umroh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat
dengan koefisien korelasi sebesar 0.259 sedangkan 0,741 dipengaruhi oleh
variabel lain yan tidak dimasukan dalam penilitian ini.