Abstract:
Karakteristik pemasaran syariah sangat penting dijalankan oleh perusahaan
yang berbasis syariah, maka Rabbani sebagai salah satu perusahaan yang
menggunakan brand islami, dan selalu membanggakan brand dan produk
islaminya dalam setiap promosi, seharusnya menerapkan pemasaran syariah.
Dalam kenyataannya sering terjadi kekecewaan para pelanggan, berupa pelayanan
yang diberikan oleh karyawan yang lebih melayani pelanggan yang berbelanja
banyak dibandingkan pelanggan yang berbelanja sedikit. Hal ini bertentangan
dengan karakteristik Humanistik dalam pemasaran syariah, yaitu tidak membedabedakan
pelanggan dengan menghiraukan ras, warna kulit, kebangsaan, dan
status.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka disimpulkan rumusan masalah
yang pertama, Bagaimanakah karakteristik pemasaran syariah yang diterapkan
pada Bunker Rabbani Bandung Raya , dan yang kedua, Bagaimanakah analisis
kepuasan pelanggan terhadap karakteristik pemasaran syariah Bunker Rabbani
Bandung Raya. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui karakteristik
pemasaran syariah yang diterapkan pada Bunker Rabbani Bandung Raya , dan
yang kedua, Untuk mengetahui analisis kepuasan pelanggan terhadap karakteristik
pemasaran syariah Bunker Rabbani Bandung Raya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
melalui Dokumentasi, Angket, dan Observasi. Metode pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling yaitu memilih sampel
dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai atau diakses.
Karakteristik pemasaran syariah di Rabbani mengacu kepada manfaat,
kebutuhan konsumen, dan kepuasan pelanggan. Secara detail karakteristik
pemasaran yang diterapkan di Bunker Rabbani Bandung dapat diuraikan sebagai
berikut : membangun visi bisnis spiritual, memiliki kepribadian spiritual,
membangun customer partnership dan membangun profesionalisme, membangun
kepercayaan, memberikan pelayanan terbaik, menjual produk berkualitas, dan
berpromosi secara simpatik. Hasil kuesioner, dokoumentasi, dan observasi
langsung menunjukkan bahwa karakteristik pemasaran syariah yang dilakukan
oleh Rabbani Bandung telah dapat dirasakan oleh sebagian besar pelanggan,
sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan Rabbani Bandung