Abstract:
Penulis tertarik dengan masalah yang diteliti karena menurut penulis
mampu berkomunikasi dengan baik adalah hal yang sudah menjadi kepentingan
semua orang. Dj Arie School merupakan salah satu sekolah pelatihan public
speaking yang ada di kota Bandung. Dj Arie School sendiri mempunyai
kurikulum yang modern yang mengacu pada 100% praktek dan konsisten
mencetak para broadcaster, public speaker, presenter yang handal setiap bulannya
yang tentunya pekerjaan tersebut membutuhkan kemampuan komunikasi yang
baik. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan antara kredibilitas staf pengajar Dj Arie School dengan
keterampilan siswa berkomunikasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Korelasional
sederhana (Simple Corellation), yaitu untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan di antara masing-masing variabel. Dalam penelitian ini, karena kedua
variabel yang diteliti adalah berskala ordinal, maka digunakan teknik koefisien
korelasi Rank Spearman.
Populasi dalam penelitin ini adalah siswa Dj Arie School yang telah
terdaftar melakukan kegiatan belajar mengajar. Mengingat banyaknya siswa dj
Arie School yang telah melakukan proses belajar mengajar, maka penulis
mengambil sampel dari 4 angkatan yang dinilai sedang aktif melakukan kegiatan
belajar mengajar, yaitu angkatan 120,121,122 dan IHT 39.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan, diperoleh hasil dari 4 subhipotesis
menujukan adanya hubungan di antara kedua variabel tersebut. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa kredibilitas staf pengajar Dj Arie School
dapat mempengaruhi keterampilan siswa berkomunikasi.