Abstract:
Hotel Marbella Suites Bandung adalah perusahaan yang bergerak di bidang
perhotelan dan mempunyai tujuan untuk dapat menjadi perusahaan di bidang jasa
penginapan yang berhasil. Hotel Marbella setiap tahun presentase hunian semakin
menurun dan keluhan tamu terbanyak ditujukan kepada departemen housekeeping.
Departemen housekeeping merupakan suatu departemen yang bertanggung jawab
menangani hal-hal yang berkaitan dengan kebersihan, keindahan dan kerapihan
lingkungan hotel baik kamar maupun area-area umum lain.. Karyawan
housekeeping sebenarnya bmengharapkan kemudahan untuk mengembangkan
karir di perusahaan, atasan peduli terhadap kesulitan karyawan, penilaian yang
adil dari atasan, dan posedur perusahaan jelas mengenai tanggung jawab dan tugas
karyawan. Kondisi tersebut diiringi dengan perilaku karyawan yang sering
melanggar aturan perusahaan, yaitu perilaku indisipliner. Metode penelitian
menggunakan metode korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh karyawan
housekeeping Hotel Marbella sebanyak 12 responden. Alat ukur yang digunakan
adalah alat ukur kepuasan kerja berdasarkan teori discrepancy, dan menggunakan
aspek-aspek dari Wexley & Yukl (1977) dan dibuat menjadi dua alat ukur,
“harapan” dari karyawan dan kenyataan yang diperoleh dari pekerjaan, kemudian
di cari selisihnya. Sedangkan untuk variabel kedua yaitu disiplin kerja
menggunakan alat ukur disiplin kerja menggunakan aspek-aspek disiplin kerja
dari Gibson, Ivancevich, dan Donnell (1996). Data yang diperoleh dari penelitian
ini berupa data ordinal. Pengolahan data menggunakan statistic non parametrik
yaitu Uji Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rs
= 0,650. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara
kepuasan kerja dan disiplin kerja pada karyawan departemen housekeeping di
Hotel Marbella Suites Bandung.