Abstract:
Kualitas Pelayanan Islami adalah standar kualitas layanan yang diterapkan
oleh BRI Syariah dengan tujuan memberikan layanan melebihi harapan nasabah
(service excellent), diharapkan dengan semakin baik nya kualitas layanan yang
diberikan maka dapat meningkatkan keputusan nasabah dalam memilih bank
syariah dan bersaing dengan kompetitornya. Namun terdapat fakta di lapangan
setelah dilakukan pra-survey bahwa peningkatan jumlah nasabah BRI Syariah
KCP Cimahi tidak memenuhi target yang telah ditentukan bank sebesar 30%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kualitas pelayanan
islami di bank BRI Syariah KCP Cimahi, untuk mengetahui tanggapan responden
mengenai pelaksanaan Kualitas Pelayanan Islami, untuk mengetahui keputusan
nasabah dalam memilih bank BRI Syariah KCP Cimahi dan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan islami terhadap keputusan nasabah
dalam memilih bank BRI Syariah KCP Cimahi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kusioner dan wawancara.
Pengujian dilakukan dengan analisis regresi sederhana, untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan islami terhadap keputusan nasabah
dalam memilih bank BRI Syariah KCP Cimahi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pelaksanaan kualitas pelayanan islami
yang dilaksanakan oleh BRIS KCP Cimahi telah sesuai dengan prinsip syariah,
yaitu compliance, assurance, reability, tangible, empathy, dan responsiveness.
Dilihat dari hasil penelitian, pelaksanaan kualitas pelayanan islami di BRIS KCP
Cimahi dinilai baik oleh nasabah dengan skor kumulatif 3463. Artinya nasabah
telah merasakan kualitas pelayanan islami yang diberikan oleh BRIS KCP
Cimahi. Tingkat keputusan nasabah dalam memilih BRIS KCP Cimahi dinilai
tinggi, dilihat dari skor kontinum sebesar 884. Artinya nasabah memilih bank
BRIS KCP Cimahi karena kualitas pelayanan islami yang diberikan oleh bank.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan islami mempengaruhi
keputusan nasabah dalam memilih BRIS KCP Cimahi. Dengan nilai t hitung
(8,830) > t tabel (2,069). Hasil uji juga menunjukkan kualitas pelayanan islami