Abstract:
Dalam dunia pendidikan, komunikasi memiliki peranan penting dalam
proses pembelajaran sebagai alat penunjang dalam penyampaian materi pelajaran.
Seringkali dalam prosesnya, terjadi komunikasi antar setiap individu, hal tersebut
dikenal sebagai komunikasi interpersonal. Dalam hal ini, penulis mengangkat
komunikasi interpersonal antara para pengajar sekolah imajinasi dengan anakanak
dalam menanamkan kreativitas sebagai penelitiannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal
yang dibangun oleh pengajar kepada anak serta bentuk implementasi komunikasi
interpersonal pengajar dalam menanamkan kreativitas kepada anak.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan studi deskriptif dengan data
kualitatif. Dalam pengumpulan datanya, penulis melakukan pengamatan langsung,
wawancara, serta studi pustaka. Penulis melakukan wawancara kepada 3 orang
pengajar dan 3 orang peserta didik.
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan adalah (1) para pengajar
sekolah imajinasi dalam membangun komunikasi interpersonalnya dengan anakanak,
mereka melakukan pendekatan secara personal baik di dalam maupun di
luar kegiatan berlangsung dan didukung dengan rasa keterbukaan para pengajar
yang menempatkan dirinya sebagai teman bagi anak-anak, (2) implementasi
komunikasi interpersonal para pengajar dalam menanamkan kreativitas kepada
anak-anak, dilakukan dengan memberikan bimbingan serta arahan kepada anak
secara personal disertai dengan rasa empati, sikap mendukung, serta sikap positif.
(3) Hambatan komunikasi sendiri terjadi karena masih terdapat anak didik yang
tertutup, malu, serta sehingga kurangnya respon dari anak-anak pada saat proses
kegiatan membuat komunikasi sedikit terhambat dan kurang optimal.