Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Antara Kredibilitas Mario Teguh Dengan Sikap Positif Audience Studi Korelasional Mengenai Hubungan Antara Kredibilitas Mario Teguh Pada Program Acara Mario Teguh Golden Ways Di Metro Tv Dengan Sikap

Show simple item record

dc.contributor.author Novitasari, Rahayu
dc.date.accessioned 2016-04-21T04:30:01Z
dc.date.available 2016-04-21T04:30:01Z
dc.date.issued 2011
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Pesatnya perkembangan media massa salah satu penyebabnya adalah karena masyarakat semakin membutuhkan media massa sebagai alat pemenuhan kebutuhannya dalam bidang informasi, pengetahuan dan hiburan. Salah satu media massa yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah televisi. Salah satu stasiun televisi swasta Indonesia adalah Metro TV. Metro TV menyajikan program-program yang berunsur hiburan seperti beberapa program acara talk show. Salah satu program acara talk show-nya yaitu, “Mario Teguh Golden Ways”. Antusias masyarakat untuk tetap setia dalam menonton program acara Mario Teguh Golden Ways tentunya tidak lepas dari kredibilitas yang dimiliki Mario Teguh sebagai komunikator. Sikap positif masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya tidak terlepas dari adanya pengaruh efek komunikasi massa, termasuk efek dari terpaan program-program acara televisi seperti program acara talk show Mario Teguh Golden Ways. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kredibilitas Mario Teguh pada program acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV dengan sikap positif audience terhadap tema Wanita Tidak Pernah Salah. Penelitian ini menggunakan teori kredibilitas, sikap, dan teori S-O-R. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung langsung sebagai audience program acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Kredibilitas yang diteliti terdiri dari aspek keahlian dan kepercayaan komunikator dengan sifat audience yang hanya meliputi aspek afektif dan konatif. Pada penelitian ini, aspek kognitif tidak diteliti karena peneliti tidak meneliti aspek isi pesan yang disampaikan Mario Teguh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasional dengan jumlah responden sebanyak 138 audience. Teknik analisis data dihitung dengan menggunakan rumus korelasi rank-order (Spearmen’s Rho). Dalam penelitian ini terdapat empat pasang indikator dari kedua variabel yang diteliti. Masing-masing pasangan indikator tersebut, seluruhnya terdapat hubungan. Maka dapat dipastikan bahwa terdapat hubungan antara kredibilitas Mario Teguh pada program acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV dengan sikap positif audience terhadap tema Wanita Tidak Pernah Salah en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Kredibilitas, Sikap, Talk Show, Mario Teguh Golden Ways. en_US
dc.title Hubungan Antara Kredibilitas Mario Teguh Dengan Sikap Positif Audience Studi Korelasional Mengenai Hubungan Antara Kredibilitas Mario Teguh Pada Program Acara Mario Teguh Golden Ways Di Metro Tv Dengan Sikap en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account