Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Terapi Aba Terhadap Interaksi Sosial Anak Autis Usia 6-7 Tahun di Slb Autis Prananda Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Purnamasari, Rr Jane Adjeng
dc.date.accessioned 2015-09-12T06:40:58Z
dc.date.available 2015-09-12T06:40:58Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/430
dc.description.abstract Autis merupakan suatu kondisi dimana anak menunjukkan gangguan yang ditandai oleh terganggunya kognisi sosial, keterampilan sosial, dan interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan kesulitan yang nyata bagi anak autis untuk melakukan hubungan sosial dengan lingkungannya. Gangguan yang terjadi pada anak autis dapat menghalangi anak untuk berinteraksi sosial atau melakukan hubungan sosial. SLB Autis Prananda Bandung memiliki beberapa siswa anak autis yang memiliki kemampuan interaksi sosial yang cukup baik. Para siswa anak autis di SLB Autis Prananda menampilkan perilaku interaksi sosial dan diasumsikan sebagai pengaruh dari terapi ABA yang dilaksanakan oleh SLB Autis Prananda. Terapi ABA (Applied Behavior Analysis) merupakan ilmu yang sangat representative bagi penanggulangan anak berkebutuhan khusus karena memiliki prinsip yang sistematis, terstruktur dan terukur sehingga dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, motorik kasar, komunikasi dan kemampuan bersosialisasi. Terapi ABA memiliki prinsip; kehangatan, tegas, tanpa kekerasan,adanya arahan, apresiasi anak dengan reinforcement. Anak autis di SLB Prananda dilatih kemampuan interaksi sosial melalui materi terapi ABA yang berisi; kemampuan memperhatikan,kemampuan meniru, kemampuan bahasa yang dapat diterima, kemampuan pra-akademi, bahasa, kemampuan akademis, kemampuan menolong diri sendiri, sosial. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh terapi ABA terhadap interaksi soisal anak autis. Subjek penelitian sebanyak 15 orang. Alat ukur yang digunakan adalah ATEC (Autism Treatment Evaluation Checklist). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti terapi ABA, sebanyak 11 orang atau 73% subjek dapat memiliki interaksi sosial. Hal itu berarti bahwa terapi ABA berperan dalam pembentukan interaksi sosial pada anak autis di SLB Autis Prananda Bandung. en_US
dc.description.sponsorship M.Ilmi Hatta,Drs., M.Psi en_US
dc.publisher Fakultas Psikologi (UNISBA) en_US
dc.subject Interaksi sosial,Anak Autis, terapi ABA, dan eksperimen. en_US
dc.title Pengaruh Terapi Aba Terhadap Interaksi Sosial Anak Autis Usia 6-7 Tahun di Slb Autis Prananda Bandung en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account