Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Tabungan IB Maslahah di Bank Jabar Banten Syariah

Show simple item record

dc.contributor.author Sumarwan, Arlinda Novitasari
dc.date.accessioned 2015-09-12T06:48:51Z
dc.date.available 2015-09-12T06:48:51Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/431
dc.description.abstract Setiap bank syari‟ah mempunyai bermacam-macam produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Di dalam menawarkan produknya, terjadi persaingan antara bank-bank syari‟ah sehingga perlu adanya komunikasi pemasaran yang baik. Komunikasi pemasaran sangat menunjang dalam kegiatan pemasaran untuk mencapai target yang telah ditentukan. Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual. Namun fakta dilapangan berbanding terbalik dengan kenyataan, hal ini dapat dilihat dari tidak tercapainya target di setiap tahunnya pada produk tabungan iB Maslahah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi pemasaran tabungan iB Maslahah di bank bjb syariah, tanggapan nasabah tentang pelaksanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan bank bjb syariah, minat nasabah tabungan iB Maslahah di bank bjb syariah, dan seberapa besar pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat nasabah tabungan iB Maslahah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, yakni untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel/tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Penelitian verifikatif menguji kebenaran suatu hipotesis atau fenomena yang dilakukan melalui kuisioner sebagai sumber data yang terjadi dilapangan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan transformasi data. Pelaksanaan komunikasi pemasaran yang dilaksanakan bank bjb syariah mengacu pada aspek periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, acara dan pengalaman, pemasaran langsung, pemasaran interaktif dan penjualan personal. Berdasarkan tanggapan responden pelaksanaan komunikasi pemasaran secara umum dapat dikatakan cukup. Minat nasabah terhadap produk tabungan iB Maslahah dapat dikatakan baik sedangkan pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat nasabah tabungan iB Maslahah di bank bjb syariah adalah dinyatakan oleh Koefisien Deterimasi (KD atau R2). Diperoleh nilai R2 sebesar 0,450 atau 45%. Dengan demikian maka komunikasi pemasaran memberikan pengaruh terhadap minat tabungan iB Maslahah di bank bjb syariah secara simultan sebesar 45%. Sedangkan sisanya 55% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. en_US
dc.description.sponsorship H.Titin Suprihatin, Dra.,M.Hum en_US
dc.publisher Fakultas Syariah (UNISBA) en_US
dc.subject Komunikasi Pemasaran, Minat Nasabah. en_US
dc.title Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Tabungan IB Maslahah di Bank Jabar Banten Syariah en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account