Universitas Islam Bandung Repository

Siaran Anak dalam Radio Mom and Kids Studi Kualitatif dengan Pendekatan Analisis Wacana Van Dijk Mengenai Siaran Anak dalam Naskah Acara Kids Zone di Radio Mom And Kids 99,2 FM

Show simple item record

dc.contributor.author Afriliyan, Fitry
dc.date.accessioned 2016-04-22T07:27:30Z
dc.date.available 2016-04-22T07:27:30Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Adanya fenomena yang terjadi di dalam Radio Mom and Kids, dimana hak anak dinegasikan dalam menerima informasi serta anak menjadi golongan yang dimarjinalkan oleh media yang mengatasnamakan dirinya sebagai media untuk anak. Mom and Kids Radio dengan program acara yang menyediakan edukasi serta informasi dengan segmentasi untuk anak dan ibu. Sebagai media untuk memberikan informasi atau pendidikan yang berupa wawasan kepada anak dengan dikemas secara fun namun bermanfaat dan disukai anak-anak adalah visi dari radio tersebut. Adanya sebuah kebutuhan media pendidikan sebagai sarana media informasi untuk anak membuat salah satu pengusaha radio di Kota Bandung ini membuat sebuah radio untuk anak. Kids Radio lahir berawal dari kekhawatiran beberapa orang yang peduli terhadap perkembangan dunia hiburan anak. Saat itu, ditengah ramainya dunia hiburan khususnya lewat media radio yang membahas isu pemerintahan, perhatian publik terhadap media dan kaitannya dengan anak sangat terabaikan. Oleh karena itu bertepatan dengan Hari Anak Nasional, tanggal 23 Juli 1998 Kids Radio mengudara. Data kualitatif diperoleh dari hasil pengumpulan data dan informasi dengan menggunakan berbagai metode pengumpulan data, seperti pengamatan, wawancara, menggambar, dan peneliti memilih program Kids Zone untuk diteliti dan penulis melakukan re-write script untuk menganalisa dengan pisau tajam analisis dari van Dijk.. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan analisis wacana Teun A.van Dijk, dari berbagai pendekatan atau model yang dilakukan van Dijk, penulis memilih menggunakan ketiga unsur utama model penelitian yang diusung oleh van Dijk yaitu dimensi teks, dimensi kognisi sosial dan dimensi konteks. Teks atau wacana umumnya mempunyai skema atau alur dari pendahuluan sampai akhir. Alur tersebut menunjukan bagaimana bagianbagian dalam teks disusun dan diurutkan sehingga membentuk kesatuan arti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kedua teks yang diambil sebagai sampel penelitian menyiratkan pandangan keduanya bahwa anak digambarkan atau diwacanakan sebagai generasi Z yaitu generasi yang lahir dengan segala macam teknologi didekatnya. Seluruh pandangan kedua penulis teks didukung oleh pemaparan penyiar dalam acara Kids Zone dan keterangan tambahan memperkuat gagasan utama mereka. Pengaruh dari pemilik perusahaan sangat memiliki andil dalam proses produksi teks hal tersebut menjawab kognisi sosial naskah siaran anak dalam radio Mom and Kids . Teks dikontruksikan dengan pengaruh realitas sosial yang terjadi saat ini. Penggunaan stilistik sebagai unsur mikro dari dimensi teks mewakili pandangannya akan wacana anak dalam radio. en_US
dc.description.sponsorship Dr. NilaNurlimah, Dra.,M.Si en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.title Siaran Anak dalam Radio Mom and Kids Studi Kualitatif dengan Pendekatan Analisis Wacana Van Dijk Mengenai Siaran Anak dalam Naskah Acara Kids Zone di Radio Mom And Kids 99,2 FM en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account