Abstract:
Setiap perusahaan mempunyai gaya pendekatan kepada wartawan secara
berbeda-beda. PT Pos Indonesia (Persero), memilih Media Gathering sebagai
salah satu upaya yang efektif untuk menjalin kedekatan secara informal antara
Public Relations PT Pos Indonesia (Persero) denga para wartawan. Dengan Media
Gathering tersebut PT Pos Indonesia (Persero) bertujuan untuk menempatkan
wartawan sebagai mitra kerjanya.
Pendekatan secara personal terhadap wartawan tersebut sangat diperlukan
dalam mendukung kegiatan/aktivitas Media Relations. Pembinaan hubungan
dengan wartawan secara personal akan membuat wartawan lebih dihargai serta
diperhatikan keberadaannya dan hal ini merupakan salah satu upaya untuk
mencapai keberhasilan program Media Gathering Public Relations di PT. Pos
Indonesia (Persero).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan wartawan
berdasarkan serving the media, cooperations in providing material, building
personal relationship with the media PT. Pos Indonesia dalam membina
hubungan baik pada program media gathering.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan
data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 32 responden sebagai
sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
total sampel.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa serving the media,
cooperations in providing material, building personal relationship with the media
pada program media gathering PT. Pos Indonesia dalam membina hubungan baik
dengan wartawan adalah baik, yang dapat menciptakan hubungan yang erat di
antara kedua belah pihak.