Abstract:
Penelitian ini berjudul Peranan Media Instagram Dalam Membuka Bisnis
Online Shop (Studi Deskriptif Mengenai Peranan Media Instagram Dalam
Membuka Bisnis Online Shop Di Kalangan Remaja Kota Bandung). Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan media Insagram dalam
membuka bisnis online shop dilihat dari aspek orientasi kognitif, orientasi diversi,
dan identitas personal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
komunikasi massa, media massa, konvergensi media, dan teori uses and
gratifications.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif bertujuan untuk
menggambarkan dan menganalisis sehingga situasi yang menjadi tema penelitian
dapat terpaparkan secara jelas. Populasi dalam penelitian ini adalah para remaja
pemilik account online shop Instagram di Kota Bandung. Untuk pengambilan
sampel penelitian ini teknik yang dipilih yaitu Non-Probability sampling jenis
Purposive Sampling responden yang terpilih menjadi anggota sampel atas dasar
pertimbangan peneliti sendiri. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah
lima orang remaja pemilik account online shop Instagram dan dua orang
pengguna aktif media jejaring sosial Instagram.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor yang
menimbuklan para remaja Kota Bandung membuka online shop di media
Instagram, diantaranya karena aplikasi instagram yang sedang tren dikalangan
masyarakat, keefektifan media Instagram yang dapat diakses dimanapun dan
kapanpun, selain itu penggunaan online shop yang tidak memerlukan biaya yang
terlalu banyak dan sistem dari aplikasi Instagram yang berbasis sharing foto
mempermudah untuk mempromokan online shop mereka.