Abstract:
Kredit Gadai KCA merupakan salah satu produk yang ada di PT
Pegadaian. Perkembangan kredit gadai KCA yang selalu menjadi produk andalan
Pegadaian. Dengan prosedur yang mudah, cepat dan aman membuat masyarakat
tertarik melakukan gadai tanpa harus berbelit-belit. Sehingga profitabilitas yang
didapatkan pegadaian meningkat
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptf dan
metode verivikatif. Metode deskriptif dipergunakan karena penulis ingin
mendeskripsikan atau menguraikan secara jelas mengenai karakteristik variabel
yang diteliti berdasarkan permasalahan atau fenomena yang dihadapi. Sedangkan
metode verifikatif digunakan karena penulis ingin mengetahui besarnya pengaruh
pemberian kredit gadai KCA terhadap peningkatan profitabilitas. Teknik
pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa pemberian
kredit gadai KCA di PT Pegadaian Kanwil XI Bandung pada tahun 2008 s/d 2013
jumlah pinjaman yang disalurkan dari kredit gadai KCA selalu meningkat kecuali
pada tahun 2009 dan 2013 hal ini terjadi dikarenakan tidak kemampuan nasabah
dalam membayar kewajibannya dan adanya kelalaian dari nasabah terhadap
tanggal jatuh tempo kewajibannya, pengetahuan masyarakat mengenai produk
gadai KCA. Tingkat profitabilitas yang dihasilkan PT Pegadaian Kanwil XI
Bandung pada tahun 2008 s/d 2013 berdasarkan perhitungan ROI (Return On
Invesment ) mengalami peningkatan tiap tahunnya, kecuali pada tahun 2009 dan
2013 mengalami penurunan dikarenakan kebutuhan masyarakat yang sedikit
sehingga jarang melakukan transaksi pinjaman uang dan banyaknya nasabah yang
tidak mampu menebus barang mereka kembali. Tetapi hal tersebut tidak
berlangsung lama, karena pada tahun selanjutnya profitabilitas di Pegadaian
mengalami peningkatan yang stabil. Dengan demikian pemberian kredit gadai
KCA tiap tahunnya senantiasa dapat meningkatkan profitabilitas di PT Pegadaian
Kanwil XI Bandung dan diharapakan kepada perusahaan untuk lebih teliti dalam
memberikan kredit kepada nasabah dan selalu mengingat kembali kepada nasabah
ketika tanggal jatuh tempo telah tiba dan untuk penelliti selanjutnya, diharapkan
lebih menambahkan variabel penghubung seperti kinerja keuangan serta
menambahkan periode penelitian dan menambahkan objek baru.