Universitas Islam Bandung Repository

Penggunaan Analisis Swot Dalam Pembuatan Program Public Relations Tb.Rumah Buku Studi Deskriptif mengenai Penggunaan Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dalam Pembuatan Program Public Relations TB.Rumah Buku Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Givauri, Elwina
dc.date.accessioned 2016-04-28T07:46:23Z
dc.date.available 2016-04-28T07:46:23Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Menghadapi dunia bisnis memang bukan suatu hal yang mudah, apalagi tanpa adanya tujuan yang jelas dari bisnisnya tersebut. Selain itu, perubahan di lingkungan sekitar adalah keadaan yang sulit untuk diperkirakan dimasa yang akan datang. Perusahaan tidak terlepas dari berbagai macam perubahan yang bersumber dari lingkungan internal dan eksternal. Diperlukan sebuah perencanaan dalam menghadapi lingkungannya tersebut dengan kegiatan analisis situasi. Maka, model yang paling sesuai dalam analisis situasi tersebut adalah melalui konsep Analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembuatan program public relations pada TB Rumah Buku yaitu perusahaan bisnis yang bergerak dalam bidang produksi barang. Dengan menggunakan konsep analisis SWOT, yaitu konsep analisis yang digunakan untuk mengukur Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman pada sebuah pembuatan program public relations, sehingga dapat secara efektif mencegah perencanaan program dari ketidakpastian dalam pelaksanaannya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mencoba memahami, untuk kemudian dapat menjelaskan konsep SWOT dalam analisisnya terhadap pembuatan program ke PR-an TB Rumah Buku. Pada analisis data akan dilakukan penggunaan Matrik SWOT (Rangkuti,2013:31) yang menganalisis tentang Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman perusahaan untuk kemudian diciptakan strategi SO, SW, WO, WT berdasarkan analisis situasi faktor lingkungan internal dan eksternal pada TB Rumah Buku. Adapun uji keabsahan data guna memastikan kekonsistenan data yang telah diperoleh, yaitu melalui triangulasi sumber dan triangulasi metodelogis. Triangulasi sumber merupakan uji kekonsistenan data dengan menggunakan berbagai sumber yang berbeda. Sedangkan, triangulasi metodelogis adalah uji kekonsistenan data melalui berbagai metode yang berbeda. Sehingga pada kesimpulan penelitian akan diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terdapat pada TB Rumah Buku. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Kelemahan, Peluang, Ancaman, Public Relations en_US
dc.title Penggunaan Analisis Swot Dalam Pembuatan Program Public Relations Tb.Rumah Buku Studi Deskriptif mengenai Penggunaan Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dalam Pembuatan Program Public Relations TB.Rumah Buku Bandung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account