Abstract:
Penelitian ini berjudul Hubungan Costumer Relations Group Manager Produk
Tupperware dengan Loyalitas Pelanggan (studi Korelasional di Kelurahan Bojong
Herang RW 02 Kecamatan Cianjur-Jawa Barat). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar hubungan antara Ikatan, Kepercayaan, Empati, dan
Resiprokal yang dilakukan Group Manager produk Tupperware cabang Cianjur
dengan loyalitas pelanggan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
Komunikasi, Komunikasi Kelompok, Komunikasi Pemasaran, Teori Hollensen untuk
variabel X, dan teori Zikmund untuk variabel Y.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Metode korelasional
bertujuan untuk meneliti hubungan diantara variabel-variabel dan sejauh mana
variabel satu berkaitan dengan variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu
Rumah Tangga pengguna Tupperware yang tercatat di kantor sebanyak 2640 orang.
Untuk menghitung jumlah sampel dari data populasi yang ada, digunakan rumus dari
Yamane dengan mengambil batas kesalahan 10%, sehingga diperoleh sampel
sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan Sampel disini menggunakan teknik Cluster
Random Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan ikatan Group Manager
dengan loyalitas pelanggan sudah cukup berarti dengan ditandai nilai korelasi
sebesar 0.555, hubungan kepercayaan Group Manager mendapatkan nilai 0.382 yaitu
rendah tapi pasti, hubungan empati Group Manager menunjukkan angka 0.419 yaitu
cukup berarti, dan hubungan Resiprokal menunjukkan nilai 0.504 yaitu cukup berarti