Abstract:
Saat ini, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi banyak
dimanfaatkan oleh manusia. Kemajuan teknologi tersebut mempermudah manusia
dalam mengakses berbagai macam bentuk informasi di internet, baik berupa
berita, musik, film atau drama, dan lain-lain. Salah satu bentuk informasi yang
banyak diakses di media online adalah situs-situs yang menyediakan hiburan
berupa tontonan film atau drama secara streaming.
Website “nontons.tv” merupakan sebuah situs yang menyediakan layanan
tontonan online secara gratis. Website “nontons.tv” banyak menampilkan filmfilm
baik dari dalam negeri ataupun dari luar, bahkan juga banyak menampilkan
drama-drama Korea terbaru. Drama-drama Korea yang terdapat dalam situs
“nontons.tv” sangat beragam, dari mulai yang paling terbaru, bahkan dramadrama
lama dan ganre-nya pun beragam.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara
tayangan drama korea dengan minat penonton dalam mengenal budaya Korea
Selatan, intensitas menonton tayangan drama Korea di media online, isi pesan
(materi) dalam tayangan drama Korea, serta daya tarik pesan yang terdapat dalam
media online.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional
yaitu meneliti hubungan antara variabel bebas (variabel x) dengan variabel terikat
(variabel y).
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random
Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 45 responden yaitu penyuka
Drama Korea yang suka mengakses website “nontons.tv”. Teknik analisis data
yang digunakan adalah menggunakan Korelasi Rank Spearman. Teori komunikasi
yang digunakan adalah teori S – O – R (Stimulus – Organism – Response).
Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah adanya terdapat
hubungan antara tayangan drama Korea dengan minat penonton dalam mengenal
budaya Korea Selatan.