Abstract:
PT. Telkom memperbaharui dan menciptakan image baru dalam perusahaan dengan mengubah identitas perusahaan yaitu logo. Di mulai dari berbagai faktor di mana disebabkan oleh perbedaan persepsi mengenai segmentasi pasar atau mungkin dari segi kurangnya pemahaman latar belakang makna dari logo tersebut atau bahkan dari visi dan misi yang masih tidak sejalan hingga sekarang dengan merubah kembali warna menjadi merah putih dan abu.
Penelitian yang berjudul "Makna Logo Pada PT. Telkom Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Kualitatif untuk mengetahui makna logo PT. Telkom Tbk. sehingga menunjukkan jati diri dari sebagai identitas perusahaan dengan pendekatan analisis Semiotika oleh Charles Sanders Peirce kita dapat meneliti simbol-simbol apa saja yang terdapat pada logo tersebut, serta makna apa yang terdapat pada logo tersebut.
Hasil penelitian diketahui bahwa simbol-simbol dan makna yang terdapat pada logo PT. Telkom Tbk. yaitu, terdapat grafis tangan kanan berwarna merah yang artinya berani dalam menghadapi tantangan dan lingkaran asimetris berwarna putih dan abu-abu yang setulus hati dalam melayani masyarakat atau konsumen dalam meraih masa depan atau dunia dalam bidang telekomunikasi dan logotype serta tagline berwana hitam yang tegas dan kokoh serta komposisi yang pas dan friendly, serta terlihat ramah yang merupakan identitas PT. Telkom Tbk. saat ini.