Abstract:
Skripsi Ini Berjudul “Hubungan Antara Penayangan Program City
Guide Pjtv Dengan Pengetahuan Kuliner Khalayak”. Penelitian Ini Secara
Umum Bertujuan Untuk Mengetahui Hubungan Antara Penayangan Program City
Guide Pjtv Dengan Pengetahuan Kuliner Khalayak. Secara Khusus Tujuan
Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Hubungan Antara Intensitas Menonton,
Kredibilitas Presenter, Dan Teknik Penyajian Materi Siaran Dalam Program City
Guide Di Pjtv Dengan Persepsi, Daya Tangkap, Dan Penerimaan Kuliner Khalayak.
Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kuantitatif Dengan Metode
Korelasional. Teknik Pengumpulan Data Terdiri Dari Kuesioner, Wawancara, Dan
Studi Kepustakaan. Populasi Dalam Penelitian Ini Ialah Khalayak Kota Cimahi,
Sebagai Populasi Dipilih Khalayak Kota Cimahi, Dengan Sasaran Kecamatan Cimahi
Utara. Teknik Sampel Yang Digunakan Yaitu Teknik Multi Cluster Sampling Dimana
Teknik Ini Mengambil Salah Satu Daerah Dengan Cara Mengundi Populasi, Dan
Terpilih 60 Responden Untuk Dijadikan Sampel Penelitian. Teknik Analisis Data
Dalam Penelitian Ini Menggunakan Rumus Korelasi Rank Spearman, Dengan
Bantuan Rumusan Statistic Program For Social Science (Spss), Untuk Mengetahui
Hubungan Antara Variabel X Dan Y. Teori Yang Digunakan Secara Umum Dalam
Penelitian Ini Yaitu Komunikasi Massa, Dan Teori Khusus Yaitu Teori S-O-R
(Stimulus-Organism-Response)
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Terdapat Hubungan Yang Tinggi/Kuat
Antara Penayangan Program City Guide Pjtv Dengan Pengetahuan Kuliner
Khalayak. Yaitu Nilai Koefisien Korelasi Sebesar 0.797, Dan Uji Hipotesis Diperoleh
Hasil Nilai Signifikansi Sebesar 0.000 <=0.05. Dengan Demikian, Dapat
Disimpulkan Bahwa Program City Guide Pjtv Dapat Menjadi Sumber Pengetahuan
Khalayak Kota Cimahi Tentang Dunia Wisata Kuliner.