Abstract:
Industri Penyiaran di Indonesia kini semakin menunjukan perkembangan
yang sangat pesat. Banyaknya stasiun televisi yang hadir membuat program
televisipun semakin beragam terutama program-program yang ber-genre hiburan.
NET. sebagai salah satu stasiun televisi baru di Indonesia yang resmi
diluncurkan pada 18 Mei 2013, telah menunjukan upayanya memberi programprogram
hiburn yang fresh, inovatif, dan sangat menghibur. Salah satunya adalah
program ‘INI Talk Show’. Program yang berdurasi dua jam ini
mempersembahkan format talkshow yang dilengkapi dengan nuansa komedi tanpa
mengurangi unsur informatif dan edukatif. Program ini telah mendapatkan respon
positif dari masyarakat. Diantaranya melalui kuis Twitter yang hampir setiap hari
meraih trending topic Indonesia bahkan mendunia. Selain itu, dilihat dari data
riset Nielsenpun menunjukan bahwa share rating program ini cenderung
mengalami kenaikan secara bertahap dari awal kemunculannya hingga kini.
Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti strategi program dari ‘INI
Talk Show’ di NET. karena penulis meyakini bahwa sebuah strategi program
adalah kunci dari kesuksesan program televisi itu sendiri.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan
data wawancara dan observasi yang bertujuan untuk mencari tahu strategi
programnya berdasarkan konsep Morisan yang meliputi perencanaan, produksi,
eksekusi hingga evaluasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu perencanaan
program meliputi analisis audien di jam primetime, menentukan konsep program
keseluruhan, membuat pilot project dan schedulling serta prepare untuk tahap
produksi. Tahap produksi dihandle oleh tim produksi yang terbagi dalam pra
produksi, produksi, dan pasca produksi. Sementara untuk eksekusinya program ini
menggunakan strategi stripping untuk mendapatkan audiens sebanyak mungkin.
Tahap evaluasi sendiri rutin dilakukan secara berkala baik itu harian melalui
applikasi obrolan, mingguan setiap hari Jumat, bulanan, hingga evaluasi tahunan.