Abstract:
Hotel merupakan salah satu unsur pariwisata yang mempunyai peranan
besar didalam memberikan pelayanan bagi wisatawan. Salah satunya yaitu Hotel
Endah Parahyangan yang merupakan jasa penyedia pelayanan penginapan yang
terletak di jalan raya cibeureum No.14 Bandung. Namun hotel bukan suatu tujuan
wisata tetapi merupakan tempat dimana wisatawan berisitrahat dan mengatur
kegiatan selanjutnya. Oleh karena itu hotel dengan berbagai fasilitasnya harus
mampu memenuhi kebutuhan wisatawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Antara Kegiatan
Promosi Humas Hotel Endah Parahyangan Dengan Minat Konsumen” sehingga
untuk menjawab masalah tersebut, peneliti menganalisa kegiatan promosi Humas
Hotel Endah Parahyangan menggunankan unsur bauran promosi yang
dikemukakan oleh Morrison yaitu : Advertising, Personal Selling, Sales
Promotion, Merchandaising dan Public Relations.
Jenis Penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah penelitian dengan jenis
Kuantitatif menggunakan metode korelasional yaitu meneliti hubungan antara
variabel-variabel. Populasi dalam penelitian ini yaitu melakukan wawancara
dengan Humas Hotel Endah Parahyangan dan memberikan angket kepada
konsumen Hotel Endah Parahyangan (terhitung sejak bulan Januari hingga Maret
2014) sebanyak 929 konsumen dikerucutkan dengan rumus yamane mengambil
size sebanyak 10% menjadi 90 konsumen.
Dari hasil pengolahan data terdapat kesimpulan bahwa terdapat hubungan
antara kegiatan advertising Humas Hotel Endah Parahyanan Dengan Minat
Konsumen, terdapat hubungan antara kegiatan Personal Selling Humas Hotel
Endah Parahyangan dengan Minat Konsumen, terdapat hubungan antara kegiatan
Sales Promotion Humas Hotel Endah Parahyangan dengan Minat Konsumen,
terdapat Hubungan Antara Kegiatan Merchandising Humas Hotel Endah
Parahyangan Dengan Minat Konsumen, terdapat Hubungan Antara Kegiatan
Public Relations Dengan Minat Konsumen.
Dan dari hasil pengolahan data diatas, terdapat keseluruhan kesimpulan
bahwa terdapat Hubungan Antara Kegiatan Promosi Humas Hotel Endah
Parahyangan Dengan Minat Konsumen.