Abstract:
Komodifikasi menurut para ahli memiliki arti yang sama, yaitu sebuah
transformasi nilai guna menjadi nilai tukar dari sebuah produk atau yang lainnya
sebagai komoditi yang dinikmati khalayak. Peristiwa seperti kekerasan,
kecelakaan, perampokan, dan ulah jahil seseorang yang terekam sebuah kamera
pengawas atau CCTV saat ini tanpa diduga bertransformasi menjadi sebuah
produk media dan menjadi tontonan menarik bagi khalayak, tak luput juga sebagai
sarana promosi bagi pengiklan. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui
bagaimana proses komodifikasi peristiwa yang terjadi dalam program “CCTV” ini
menggunakan pendekatan semiotika berdasarkan model analisis John Fiske yang
memfokuskan penelitian pada tiga level kode televisi, yaitu level realitas,
representasi, dan ideologi. Pada level realitas terlihat bagaimana peristiwa
kecelakaan dan lainnya dalam program “CCTV” merupakan peristiwa yang
bersifat dokumenter, karena video tersebut fungsi awalnya merupakan produk
keamanan. Dalam level representasi, teknik manipulasi seperti editing audiovisual
sanggup menciptakan suasana lucu dan dramatis dari program ini. Pada
level ideologi, sistem kapitalis sangat bergantung pada program yang tidak
mengeluarkan biaya besar. Peristiwa yang dengan gratis didapat melalui internet
diubah menjadi komoditas yang menguntungkan mereka. Modal kecil untung
besar, kualitas belakangan.