Abstract:
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pull strategy, push
strategy, dan pass strategy pada kegiatan pemasaran produk Hijab Story Bandung.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan karyawan Hijab
Story Bandung Mengenai pull strategy, push strategy, dan pass strategy pada kegiatan
pemasaran produk Hijab Story Bandung.
Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang sarat dengan nuansa
angka-angka dalam teknik pengumpulan data di lapangan. Dalam analisis data, metode
penelitian kuantitatif memerlukan bantuan statistik. Kesimpulan hasil penelitian pun
berupa hasil perhitungan yang bersifat penggambaran atau jalinan variabel. Kesimpulan
hasil statistik ini harus ditambah dengan kesimpulan peneliti, yakni apa interpretasi atau
penafsiran peneliti terhadap kesimpulan tersebut. Metode Deskriptif dalam penelitian ini
digunakan untuk menjelaskan bagaimana tanggapan karyawan Hijab Story Bandung
mengenai pull strategy, push strategi, dan pass strategy pada kegiatan pemasaran produk
Hijab Story Bandung dalam menghadapi persaingan pasar. Dalam penelitian ini,
responden yang dipilih peneliti karyawan Hijab Story Bandung sebanyak 55 orang
dengan menggunakan teknik sampling purposive sehingga didapatkan sampel berjumlah
40 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pull Strategy Hijab Story, di antaranya
mengadakan kegiatan potongan harga (diskon), pembagian voucher, Iklan Spanduk, dan
Liputan oleh majalah. Push Strategy Hijab Story, di antaranya mendekorasi butik dengan
konsep yang nyaman, modern, dan elegan, member, pemberian gift, pembagian kalender
tahunan. Pass Strategy Hijab Story mengadakan kegiatan peduli lingkungan, seperti
kegiatan rutin gotong royong bersama, di antaranya rutinitas seluruh karyawan butik
Hijab Story untuk membersihkan lingkungan butik dan sekitarnya, pemisahan sampah organik & non organik, banti sosial kepada panti asuhan, dan kerja sama dengan
Kosmetik Wardah.