Abstract:
Buku seperti yang kita ketahui merupakan jendela ilmu, buku menjadi
pedoman bagi kita untuk mengetahui pengetahuan. Buku bisa digunakan oleh
siapa saja dan tidak mengenal usia. Saat ini, buku tidak hanya menyajikan ilmu
pengetahuan untuk belajar, buku juga menjadi sumber informasi, hiburan serta
menjadikannya hobi membaca buku. Buku sangat erat kaitannya dengan
penelitian ini, judul penelitian ini adalah “Opini Remaja Terhadap Buku #88 Love
Life” dan masalah yang diangkat dari buku ini yaitu opini dari remaja khususnya
siswa SMA mengenai buku ini. Buku #88 Love Life merupakan sebuah buku
motivasi agar pembacanya mencintai hidupnya bagaimanapun sulitnya hidup yang
dijalani. Buku ini merupakan buku dengan penjualan terbaik sejak pertama rilis
pada bulan Oktober 2014 hingga bulan Maret 2015.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana opini dari remaja
terhadap isi pesan dari buku #88 Love Life, ilustrasi yang ada dalam buku #88
Love Life serta manfaat setelah membaca buku #88 Love Life. Penelitian ini
diharapkan, dapat memberikan penguatan terhadap landasan-landasan teori
berkenaan dengan buku motivasi yang ditulis oleh motivator asal Indonesia.
Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan penguatan, terhadap
pengetahuan dibidang Ilmu Komunikasi. Penelitian ini juga diharapkan dapat
memberikan masukan, kepada para penulis buku motivasi di Indonesia untuk
memberikan dan menyajikan buku motivasi yang berbeda dari buku motivasi
yang selama ini beredar di toko buku. Melalui penelitian ini juga penulis berharap
dapat memberikan pemikiran yang bermuatan komunikasi pada tinjauan
komunikasi massa.
Penelitian ini mengambil populasi dari anggota taman bacaan Zoe Cafe
and Library Bandung yang masih duduk dibangku SMA. Dalam penelitian ini,
teknik sampel yang dipakai adalah total sampling yaitu mengambil seluruh jumlah
yang ada dalam, untuk dijadikan sampel penelitian. Metode yang dipakai dalam
penelitian ini adalah, metode deskriptif yaitu metode yang menjabarkan dan
melukiskan tentang fakta yang ada secara faktual dan cermat. Terdapat tiga
indikator yang diteliti dalam penelitian ini yaitu, indikator I isi pesan yang
terdapat pada buku #88 Love Life, indikator II berupa komunikasi grafis yang
terdapat pada buku #88 Love Life dan terkahir indikator III manfaat yang terdapat
pada buku #88 Love Life.